10 Obat Alami Herbal Asam Urat dan Encok - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Obat Alami Herbal Asam Urat dan Encok

10 obat alami herbal asam urat dan encok sehat mah harus

Sehatmahharus - umum nya asam urat kerap di derita semua kalangan, bisa wanita dan pria. Asam urat ini muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggu nya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. Ciri-ciri asam urat adalah si penderita mengalami sakit atau nyeri di sebagian tubuh saja bisa di katakan seperti encok.
Meningkatnya produksi asam urat di didalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Sebagai informasi, sebagian makanan yang punya kandungan purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju.

Penyakit asam urat harus langsung ditangani. Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. Tapi, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk turunkan persentase asam urat yang tinggi.

1. Daun salam 

Daun salam sangat populer di kalangan ibu rumah tangga yang hobi memasak. Karena, daun salam sangat banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur. Faktanya, daun salam bukan sekedar berfungsi sebagai bumbu dapur tetapi juga mampu menjadi obat herbal yang mampu turunkan asam urat. 

Daun salam punya kandungan vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang baik untuk kebugaran tubuh. Daun salam dipercaya ampuh turunkan asam urat tinggi. Tetapi, penderita asam urat tidak dapat mengonsumsinya secara sembarangan. Karena, ada cara yang paling baik untuk mengolah daun salam supaya ampuh turunkan asam urat tinggi. Berikut bahan dan cara mengolah daun salam sebagai obat asam urat. 

Bahan:
10-25 lembar daun salam dan tiga gelas air. Kamu cuci daun salam dengan air mengalir hingga higienis. Lalu, kamu rebus daun salam di dalam air mendidih sampai menyisahkan satu gelas air. Kamu bagi dua air rebusan daun salam itu. Kamu minum air rebusan daun salam tersebut sebanyak dua kali sehari.

2. Daun kumis kucing 

Daun kumis kucing terkenal sebab bunganya yang cantik. Tidak cuman cantik, kumis kucing merupakan daun yang memiliki berlimpah manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, kumis kucing menjadi obat herbal yang ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit salah satunya asam urat.

3. Bawang putih

Untuk kamu yang enggan minum obat kimia, bawang putih bisa jadi solusi utuk mengobati asam urat. Hal ini disebabkan bawang putih mengandung antioksidan yang mampu mengontrol produksi purin dalam tubuh.

4. Daun mangga

Daun mangga rupanya bukanlah daun sembarang daun. Daun mangga memiliki khasiat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan lebih dari satu jenis penyakit. Daun mangga punya kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, fenol, dan flavonoid.

Daun mangga dipercaya efektif turunkan asam urat yang tinggi. Daun mangga mempunyai kandungan pelarut purin yang dapat kurangi kristal asam urat didalam tubuh. Untuk merasakan khasiat daun mangga sebagai obat herbal asam urat, kamu harus menyiapkan lebih dari satu bahan di bawah ini:

Daun mangga muda (berwarna hijau) 5 lembar dan air 250 cc kamu cuci daun mangga hingga higienis. Lalu, kamu rebus daun mangga hingga mendidih dan daun berubah jadi warna coklat. Kamu minum air rebusan daun mangga dua kali sehari sewaktu masih hangat.

5. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. Tidak cuma itu saja, jeruk nipis juga memiliki kandungan asam sitrat yang berperan melarutkan asam urat lewat urine. Kamu dapat membuat jeruk nipis jadi infused water sebagai obat herbal asam urat. 
Cara membuat infused water jeruk nipis lumayan gampang, berikut bahan dan cara membuatnya. 
Bahan:
•Jeruk nipis 60 gram.
•Air matang 500 ml.

Cara membuat:
Jeruk nipis kamu cuci dengan air higienis, lalu pangkas bentuk bulat. Sehabis itu kamu masukkan jeruk nipis dan air ke dalam botol tertutup. Kamu simpan botol air jeruk nipis kedalam kulkas lebih kurang 4-5 jam. Sehabis itu kamu minum dan habiskan dalam waktu satu hari. 

6. Kayu manis

Kayu manis mengandung segudang senyawa aktif, ekstrak kulit batang kayu manis mengandung tanin dan flavonoid. Senyawa aktif tersebutlah yang berperan menghambat produksi asam urat dalam tubuh.

7. Daun sirsak

Mengutip dari jurnal pengaruh bantuan infusa daun sirsak pada penurunan kandungan asam urat darah, daun sirsak punya kandungan fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B. Bukan cuma itu saja daun sirsak memiliki kandungan flavonoid (Antioksidan tinggi) yang sanggup menghambat pembentukan asam urat dengan cara menahan kerja enzim xhantine oxidase.Semata-mata kabar enzim xhantine oxidase berperan di dalam perubahan hypoxhantine jadi xhantine, lalu jadi asam urat.
Penderita asam urat bisa mengonsumsi daun sirsak didalam bentuk teh.
Bahan:
•10 lembar daun sirsak
•3 gelas air

Cara memasak: 
Kamu rebus 10 lembar daun sirsak dengan tiga gelas air hingga mendidih. Kamu menunggu hingga air rebusan daun sirsak tersisa 1/3. Kamu dinginkan lalu minum hingga habis. Kamu bisa minum rebusan daun sirsak itu setiap pagi supaya cepat turunkan kandungan asam urat.

8. Seledri

Banyak orang mengenal seledri sebagai bumbu masak. Tapi, siapa sangka seledri ternyata menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat seledri di dunia kesehatan adalah ampuh mengobati penyakit asam urat.

Asal tahu saja, seledri punya banyak kandungan zat yang berkhasiat layaknya Apigen, Phthalides, Matinol dan apiin yang bersifat diuretik (Mengeluarkan kelebihan garam dan cairan yang berasal dari dalam tubuh). Tidak cuma itu saja, seledri juga punya kandungan Fitosterol, Magnesium dan zat lainnya. 

Penderita asam urat tidak boleh asal konsumsi seledri untuk meredakan penyakitnya. Karena, ada cara dan persentase spesiļ¬k waktu mengkonsumsi seledri sebagai obat herbal asam urat.

berikut bahan dan cara mengkonsumsi seledri sebagai obat herbal asam urat. 

Bahan:
•Seledri 60 Gram (Daun dan batang)
•Air 200 cc

Cara membuat:
Kamu cuci higienis seledri itu sesudah itu dipotong kecil-kecil. Lalu, kamu rebus seledri hingga menyisahkan air 100 cc. Kamu minum air rebusan seledri itu dua kali sehari selama dua minggu. 

9. Meniran

Meniran memiliki kandungan natrium dan kalium yang akan membentuk senyawa garam yang mudah larut didalam air. Dengan begitu kristal asam urat di dalam darah dapat dikeluarkan sedikit demi sedikit.

10. Adas

Adas salah satu obat herbal untuk asam urat. Kamu pun dapat menbuat ramuan obat herbal yang berasal dari adas di tempat tinggal kamu.

Kamu hanya tinggal merebus 3 gram - 9 gram adas kering dengan 3 gelas air. Kamu rebus adas hingga mendidih dan menyisahkan air satu gelas. Kamu minum obat herbal itu pas sewaktu hangat. 

Kamu sebaiknya berkonsultasi bersama dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakit asam urat. 

Posting Komentar untuk "10 Obat Alami Herbal Asam Urat dan Encok"