Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Anak Balita - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Anak Balita

manfaat minyak ikan bagi kesehatan anak balita sehat mah harus
Sehatmahharus - Minyak ikan berasal dari jaringan ikan tertentu yang berminyak, awal nya minyak ikan di ambil dari lemak ikan paus. Dan juga minyak ikan pun di ambil dari berbagai ikan dan hewan laut lain nya, yang paling terkenal sekarang adalah minyak hati ikan cod.
Minyak hati ikan cod awal nya di gunakan di berbagai negara bagian Eropa untuk makan ternak, tapi setelah di kasihkan dan hewan ternak mereka sehat dan gemuk, dan akhirnya mulai lah minyak hati ikan cod di konsumsi manusia.

Berbagai penelitian pun dilakukan dan ternyata di dalam kandungan minyak ikan banyak sekali nutrisi omega-3 dan omega-6 yang mempunyai banyak manfaat untuk segala usia dari balita, dewasa hingga lansia
Khusus nya untuk balita, minyak ikan dapat memperkuat kinerja mata, menambah kemampuan otak, sampai menghambat terjadinya penyakit kronis, dan juga menambah daya tahan tubuh balita.

Apasih manfaat omega-3 dan omega-6 yang terkandung di dalam minyak ikan:
 
Minyak ikan mempunyai kandungan omega-3 dan omega-6 merupakan asam lemak esensial yang diperlukan tubuh. Di didalam tubuh, asam lemak berguna sebagai kekuatan untuk otot, jantung, dan organ lain. Tidak cuman itu, asam lemak dimanfaatkan sebagai cadangan kekuatan.

Asam lemak omega-3 sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi sayangnya asam lemak ini tidak diproduksi oleh tubuh, jadi ibu wajib menambahkannya yang berasal dari sumber makanan atau berasal dari suplemen minyak ikan. Asam lemak omega-3 dan omega-6 juga terkandung di dalam minyak ikan, asam lemak ini memiliki manfaat yang berbeda-beda tapi mempunyai manfaat yang sama pentingnya.

Berikut ini manfaat omega-3 dan omega-6 untuk tumbuh kembang balita:

1. Perkembangan otak anak balita

Manfaat omega-3 yang paling berarti adalah mendukung perkembangan otak anak. Perkembangan otak anak yang paling besar terjadi pada saat anak masih didalam kandungan sampai dua tahun awal kehidupannya, di saat itulah persentase omega-3 dan omega-6 wajib tercukupi. Tak hanya itu, omega-3 berguna untuk menambah koordinasi tangan dan mata, fokus dan konsentrasi, dan juga kecerdasan otak anak. Penelitian menyebutkan bahwa ibu yang mengkonsumsi omega-3 selama kehamilan dan pada saat menyusui mempunyai anak dengan taraf kecerdasan yang lebih baik setelah anak berusia empat tahun dibandingkan dengan ibu yang tidak mengkonsumsi omega-3.

2. Membentuk mata dan respon saraf anak balita

Kandungan docosahexaenoic acid (Dha) terhadap omega-3 banyak ditemukan terhadap retina mata, karena DHA diakui punya peran vital didalam perkembangan dan kegunaan mata. Takaran DHA yang sedikit di didalam tubuh anak akan membawa dampak terganggunya manfaat retina mata. Tak hanya itu, kegunaan omega-3 dan omega-6 bagi anak adalah menolong perkembangan sel-sel saraf dan menunjang pembentukan sinaps atau sambungan antar serabut-serabut saraf, agar komunikasi antar sel saraf sanggup merespon bersama dengan baik.

3. Menunjang gejala gangguan pemusatan perhatian atau ADHD pada anak balita

omega-3 dan omega-6 yang terkandung di minyak ikan sanggup mengendalikan gejala-gejala anak bersama gangguan pemusatan perhatian.

A. Omega-3 dan omega-6 dapat kurangi gejala hiperaktif dan gelisah terhadap anak balita dengan gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD).

B. Omega-3 dan omega-6 sanggup menunjang anak untuk terus fokus di dalam belajar.

C. Omega-3 dan omega-6 turunkan sifat menentang terhadap anak pada orang tua dan guru.

4. Turunkan risiko asma pada anak balita

Omega-3 dapat turunkan peradangan terhadap saluran napas yang kerap dialami anak yang menderita asma. Penelitian mengatakan bahwa anak asma yang konsumsi minyak ikan secara teratur menopang kurangi gejala waktu agresi asma bila dibandingkan bersama anak yang menderita asma dan tidak konsumsi minyak ikan.

5. Turunkan risiko depresi

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak ikan mampu turunkan risiko depresi terhadap anak ketika mereka dewasa Terhadap anak usia 6-12 tahun yang di diagnosis depresi. mengkonsumsi minyak ikan terbukti turunkan gejala depresi. Klasifikasi darah ke otak berkurang terhadap anak yang mengalami depresi, omega-3 dipercaya mampu menaikkan klasifikasi darah ke otak.

6. Omega-3 tingkatkan mutu tidur anak balita

Sulitnya tidur terhadap anak membuktikan rendahnya takaran DHA terhadap tubuh, suplementasi minyak ikan dipercaya mampu tingkatkan kandungan DHA terhadap tubuh yang bisa menambah jumlah jam tidur anak dan tidur akan lebih berkualitas.

7. Omega-3 turunkan risiko alergi terhadap anak balita

Ibu yang konsumsi omega-3 pada saat kehamilan hingga menyusui, terbukti bisa turunkan risiko terjadinya alergi terhadap anak, termasuk asma. Omega-3 dipercaya bisa tingkatkan imunitas dan berpotensi sebagai pelindung yang berasal dari bermacam-macam alergi.

8. Omega-3 turunkan risiko diabetes atau gangguan insulin

Anak yang konsumsi minyak ikan atau ibu yang mengkonsumsi minyak ikan pada saat kehamilan hingga menyusui terbukti sanggup kurangi resistensi insulin atau terjadinya diabetes melitus type 2 waktu anak beranjak dewasa nantinya.

9. Omega-3 menopang kesehatan tulang anak balita

Omega-3 terbukti mendukung perkembangan sel pembentuk tulang (Osteoblas) dan menghalangi kerja sel penghancur tulang (Osteoklas), mengkonsumsi omega-3 terlampau baik untuk membantu perkembangan dan energi tulang anak.

10. Omega-3 turunkan risiko terjadinya obesitas terhadap anak balita

Omega-3 terbukti mampu turunkan takaran gula di dalam darah, dan juga turunkan persentase lemak trigliserida didalam darah, agar secara tidak langsung omega-3 dapat kurangi pembentukan era lemak tubuh pada anak.

Sangat banyak sekali manfaat yang berasal dari ibu dan anak yang mengkonsumsi minyak ikan mulai yang berasal dari kesehatan tubuh, otak, organ tubuh lainnya, hingga menambah daya tahan imun anak. Dengan dosis dan kadar yang tepat, omega-3 bisa menolong dan menopang tumbuh kembang baik tubuh maupun kecerdasan anak. Dikarenakan omega-3 tidak bisa diproduksi oleh tubuh, maka ibu harus perhatikan sumber makanan dan juga suplemen yang mempunyai kandungan omega-3.


Posting Komentar untuk "Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Anak Balita"