Jadi Ini Gejala Awal Kanker Hati dan Penyebab Kanker Hati - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Ini Gejala Awal Kanker Hati dan Penyebab Kanker Hati

jadi ini gejala awal kanker hati dan penyebab kanker hati sehat mah harus


Sehatmahharus - Kanker hati adalah kondisi dimana sel sel di dalam tubuh bermutasi sehingga membentuk tumor. Kanker hati tidak hanya menyerang bagian hati saja, namun apabila sudah stadium 4 ia akan menjalar ke organ lain seperti usus, dan lambung.

Hati merupakan organ yang penting di dalam tubuh kita, ia memiliki fungsi untuk membersihkan darah dari racun, mengontrol pembekuan darah, serta membantu tubuh untuk menghasilkan empedu yang berfungsi mencerna nutrisi seperti lemak.

Perlu kita ketahui bahwa kanker hati termasuk kedalam kanker yang mematikan. Kanker ini merupakan kanker yang banyak menyebabkan kematian. Dari data WHO pada tahun 2015-2016 tercatat kasus kematian kanker sebanyak 9.000.000 orang, 700.000 diantaranya menderita kanker hati.

Kanker hati terbagi menjadi dua jenis, yaitu kanker primer dan kanker sekunder. Berikut ini penjelasan mengenai kedua jenis kanker tersebut.

Kanker hati primer

Ini merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi. Kanker ini adalah kanker yang tumbuh dan berkembang di organ hati. Biasanya kanker hati primer terjadi akibat dari komplikasi penyakit lain seperti hepatitis dan radang tulang belakang.

Kanker hati primer juga terbagi menjadi beberapa jenis, yang pertama Heplatoblastoma ini adalah jenis kanker yang biasanya menyerang anak anak dibawah umur. Yang kedua yaitu kanker Angiosarcuma ini merupakan jenis kanker yang tumbuh di sekitar sel sel pembuluh darah yang terdapat di hati. Selanjutnya adalah jenis kanker yang jarang terjadi Cholangiocarcinoma yang mana kanker ini menyerang empedu serta tumbuh dan berkembang di empedu.

Kanker Hati Sekunder

Kanker sekunder adalah kanker yang berasal dari organ lain namun menyebar sehingga menyebabkan kanker hati. Kanker ini biasanya berasal dari kanker lambung, kanker usus dan kanker paru paru.

Sama halnya dengan kanker lain, kanker hati memiliki gejala gejala yang dapat kita rasakan. Namun ada juga beberapa orang yang tidak merasakan gejala tersebut. Berikut ini akan kita bahas beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita kanker hati

• Muncul benjolan di bagian perut

Bagi penderita kanker hati, gejala paling awal yang muncul adalah timbulnya benjolan dibagian perut sebelah kanan tepatnya dibawah rusuk. Benjolan ini akan menimbulkan rasa sakit, rasa sakit tersebut makin hari makin bertambah apabila kanker hati tersu tumbuh dan berkembang. Hal ini membuat kita merasa tidak nyaman. Apabila muncul benjolan di bagian perut kiri, maka kanker hati sudah menyerang organ limpa.

• Urine berwarna gelap

Gejala selanjutnya yaitu warna urine berubah menjadi gelap, terkadang di suatu kondisi tertentu urine berwarna merah seperti darah.

• Kulit menguning

Perubahan warna kulit ini biasanya disertai dengan perubahan warna urin. Bagian mata yang berwarna putih dan kukupun ikut menguning atau yang biasa kita sebut penyakit kuning. Hal ini terjadi karena penumpukan garam empedu di kulit.

Selain itu gejala ini juga diikuti dengan rasa gatal di kulit, hal ini dikarenakan hati tidak berfungsi dengan baik sehingga pengontrolan racun pada darah tidak stabil.

Jika di perhatikan, gejala yang timbul pada kanker hati serupa dengan kanker empedu, hanya saja ketika kita terkena kanker empedu, gejala awal yang muncul adalah penyakit kuning.

• Merasakan Nyeri di Bahu Kanan

Jangan salah sangka, ternyata rasa nyeri dibahu kanan merupakan salah satu gejala awal dari kanker hati. Hal ini dikarenakan saraf kita mengalami pembengkakan yang luar biasa sehingga menyebar ke area pundak. biasanya nyeri juga akan menyebar kebahu bagian kiri dan menyebar ke bagian punggung belakang.

• Pencernaan Bermasalah dan Susah Bernafas

Gejala selanjutnya adalah sering mengalami mual dan muntah. Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukkan cairan di perut yang mengakibatkan perut kembung. Selain mual dan muntah biasanya penderita akan mengalami gangguan pencernaan lain seperti diare dan sulit buang air besar.

Akibat perut yang kembung tersebut, nafsu makan berkuranng sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Apabila cairan tersebut terus menerus menumpuk maka cairan tersebut akan masuk ke paru paru sehingga membuat kita sulit untuk bernafas.

• Mudah merasa lelah

Gejala kelelahan merupakan gejala yang paling umum yang paling sering dirasakan semua penderita kanker. Kelelahan akibat kanker hati berjalan terus menerus selama kanker tersebut tumbuh dan berkembang di dalam hati. Berbeda dengan kanker lain, yang mana stamina bisa pulih jika diistirahatkan beberapa jam.

• Payudara membesar dan Testis mengecil

Salah satu gejala yang langka pada kanker hati adalah payudara membesar dan testis mengecil. Hal ini terjadi karena fungsi hati memproduksi hormone tertentu terganggu.

Gejala gejala diatas merupakan gejala yang sering timbul pada penderita kanker hati, masih banyak lagi gejala gejala lainnya. apabila anda merasakan salah satu gejala diatas ada pada diri anda, segera konsultasikan hal ini ke dokter. Agar anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan anda terkena kanker hati. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan anda terkena kanker hati atau penyebab kanker hati

• Penggunaan tembakau

Sudah sering kita dengar, bahwa merokok adalah sumber penyakit. Banyak zat zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Merokok meningkatkan resiko anda terkena kanker hati. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan tembakau di dalam hati sehingga menyebabkan kanker hati.

• Menggunakan Pil KB

Alat kontrasepsi oral atau yang sering disebut pil KB dapat menyebabkan tumor jinak yaitu adenoma hati. Selain itu penggunaan pil ini juga dapat menyebabkan kanker hati

• Peminum Alkohol

Salah satu penyebab utama sirosis adalah terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya kanker hati. Resiko kanker hati yang muncul bagi peminum alcohol 6 kali lebih tinggi dari orang orang biasa.

• Obesitas

Kelebihan berat badan ternyata dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker hati, hal ini dikarenakan terlalu banyak lemak yang ada di tubuh sehingga menyebabkan sirosis.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kanker hati. Untuk itu kita kita jauhilah kebiasaan kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan. Terutama merokok, hindari lah rokok karena rokok adalah sumber penyakit. Terimakasih semoga bermanfaat !!!


Posting Komentar untuk "Jadi Ini Gejala Awal Kanker Hati dan Penyebab Kanker Hati"