Kenali Ciri Ciri Leukimia dan Penyebab Leukimia - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Ciri Ciri Leukimia dan Penyebab Leukimia

kenali ciri leukimia dan penyebab leukimia sehat mah harus


Sehatmahharus - Leukimia atau yang sering di sebut dengan kanker darah adalah kondisi dimana tubuh menghasilkan sel darah putih terlalu banyak. Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh, apabila sel darah putih yang dihasilkan terlalu banyak maka sel tersebut akan mengalami perubahan dan tidak dapat menjalankan fungsinya secara efektif.

Ada beberapa gejala yang menandakan kita terkena kanker darah. Namun pada awalnya, gejala ini tidak tampak atau tidak timbul. Biasanya gejala ini muncul ketika kanker sudah menjalar dan menyerang sel tubuh lainnya. Berikut ini adalah beberapa gejala yang timbul pada penderita leukimia

• Mengalami Anemia

Anemia atau kekurang sel darah merah, akibatnya muka menjadi pucat tidak bertenaga dan gampang sekali lelah. Hal ini merupakan ciri ciri leukimia, dikarenakan sel darah putih lebih banyak dari pada sel darah merah.

• Tubuh mudah memar dan mimisan

Ketika kita terkena leukimia, tingkat pembekuan darah kita menurun. Karena kita kekurang sel darah merah yang berguna untuk proses pembekuan. Hal ini mengakibatkan tubuh kita mudah memar dan mimisan, dikarenakan rendahnya sel darah merah kita.

• Lebih mudah lelah padahal sudah istirahat

Ciri ciri leukimia lainnya adalah mudah lelah padahal baru saja istirahat. Hal ini terjadi karena sel darah putih tersebut berkumpul di dalam darah, sehingga menyebabkan darah menebal. Darah yang menebal akan menghambat pembuluh darah kecil ke otak, sehingga kita merasakan lelah yang berkepanjangan.

• Mual dan Muntah

Ciri ciri leukimia yang satu ini biasanya terjadi ketika sel kanker menyumbat pembuluh darah organ tertentu.

• Nyeri tulang belakang

Ciri ciri leukimia berikutnya yaitu nyeri tulang belakang (sumsum). Ini terjadi ketika leukimia semakin hari semakin buruk, sehingga mengakibatkan nyeri pada tulang bagian belakang.

• Bengkaknya kelenjer getah bening

Salah satu ciri gejala leukimia adalah membengkaknya kelenjer getah bening. Pembengkakan biasnaya terjadi di leher. Hal ini dikarena pertumbuhan abnormal sel darah putih. Hal ini biasanya berlangsung beberapa hari saja.

• Sakit kepala yang berat

• Otot hilang kendali

• Pembesaran hati dan limpa

Pertumbuhan sel darah putih secara abnormal ternyata menyebabkan pemumpukan di bagian hati dan limpa. Hal ini menyebabkan kita akan selalu kenyang dan kehilangan nafsu makan. Penumpukkan tadi menyebabkan pembengkakan di bagian hati dan limpa. Apabila pembengkakan ini semakin besar, pembengkakan tersebut bisa merambah sampai perut bagian bawah.

• Berat badan turun drastis

Salah satu ciri dan gejala leukimia adalah berat badan yang turun drastis. Penderita leukimia akan mengalami hal ini. Turunnya berat badan ini diakibatkan oleh kurangnya nafsu makan. Hal itu dikarenakan terjadi penumpukkan sel darah putih dibagian hati dan limpa, yang mengakibatkan kita merasa kenyang sehingga nafsu makan menurun.

• Perubahan warna dan tekstur kulit

Sel kanker yang tumbuh secara abnormal menyebabkan perubaan tekstur dan warna kulit. Kulit semakin pucat karena kekurang darah merah, dan tekstur kulitpun semakin keriput.

Itulah beberapa gejala atau ciri ciri leukimia, apabila anda merasakan salah satu dari gejala diatas. Kami sarankan anda segera konsultasikan ke dokter rumah sakit. Bisa saja anda terkena leukimia, sehingga dokter dapat mendiagnosa sudah sejauh apa leukimia anda, dan apa tindakan yang paling tepat untuk dilakukan.

Ada berebapa hal yang menyebabkan terjadinya leukimia. 

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya leukimia sebagai berikut :

• Memiliki keturunan yang terkena atau pernah menderita leukimia

• Bekerja dilingkungan yang tepapar bahan kimia (pabrik, laboratorium dan lain sebagainya)

• Pernah menjalani kemoterapi dan radioterapi

• Memiliki down syndrome ( kelainan genetic)

• Memiliki kebiasaan merokok

Leukimia dapat dicegah, namun belum ada cara efektif untuk mencegahnya. 

Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menurunkan resiko terkena leukimia:

1. Menghentikan kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok sebagai perokok pasif

2. Melakukan olahraga secara teratur

3. Menggunakan APD yang lengkap ketika anda bekerja di lingkungan yang terpapar bahan kimia

Yang terakhir melakukan pemeriksaan kesehatan yang rutin ke dokter mengenai gejala gejala yang ada pada tubuh anda, bisa jadi anda muntah bukan karena keracunan atau salah makan. Namun anda muntah dikarenakan ini gejala dari sel kanker darah putih (leukimia).

Demikian Ciri Ciri Leukimia dan Penyebab Leukimia terima kasih.


Posting Komentar untuk "Kenali Ciri Ciri Leukimia dan Penyebab Leukimia"