Penyebab Plak Hitam Gigi Dan Cara Menghilangkan Nya - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Plak Hitam Gigi Dan Cara Menghilangkan Nya

penyebab plak hitam gigi dan cara menghilangkan nya sehat mah harus

Sehatmahharus - Mempunyai plak hitam pada gigi kamu mungkin sangat menjengkelkan, apa lagi jika plak hitam nya cukup besar dan membuat kamu malu untuk tersenyum lebar. Selain noda dari makanan dan minuman, plak gigi hitam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, rokok atau produk tembakau mengandung nikotin dan tar yang dapat meninggalkan noda hitam pada enamel gigi.

Bagaimana cara mencegahnya dan cara menghilangkan plak gigi. Seperti apakah plak gigi tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian plak gigi

Plak pada gigi adalah lapisan bakteri yang lengket, tampak terlihat jelas namun seringkali juga tidak terlihat yang terbentuk di gigi baik itu berada di atas maupun di bawah garis gusi. Apabila tidak langsung dibersihkan maka plak terhadap gigi akan mengeras dan bisa menyebabkan karang pada gigi.

Bisa juga didefinisikan bahwa plak gigi adalah endapan yang terdapat di permukaan gigi yang terdiri atas air liur, sisa-sisa makanan, ada nya bakteri dan juga racun yang dikeluarkan oleh bakteri. Penumpukan plak gigi bila dibiarkan akan jadi mengeras lalu terbentuklah karang gigi.

Pengertian plak gigi menurut para spesialis gigi

terdapat lebih dari satu pengertian plak gigi menurut para spesialis gigi, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Pengertian plak gigi menurut Rose dan Mealey pada tahun 2004

Plak gigi adalah deposit lunak berupa lapisan tipis atau biofilm yang inheren atau melekat dengan erat terhadap bagian permukaan gigi atau permukaan struktur keras lain di didalam rongga mulut. Plak gigi merupakan kumpulan mikroba yang kompleks, terbentuk di permukaan gigi yang terpapar oleh produk bakteri di dalam rongga mulut. Kumpulan mikroba kompleks dapat terdiri dari bakteri hidup, maupun yang sudah mati, bisa juga produk sintesis bakteri dan saliva.

Pengertian plak gigi menurut Ritonga pada tahun 2005

Plak gigi adalah benda lunak, material kuat yang bertahan di permukaan gigi dan tidak akan mampu tanggal dengan cara hanya berkumur dengan air saja, plak gigi sebagai massa lunak yang konsistensinya terdiri atas sebagain besar variasi bakteri yang inheren secara serupa di dalam subtansi intermikrobial.

Pengertian plak gigi menurut Carranza pada tahun 2012

Plak gigi adalah akumulasi deposit lunak yang mampu membentuk biofilm, yang akan menempel di bagian permukaan gigi maupun permukaan keras lain di dalam rongga mulut misalnya gigi tiruan atau restorasi.

Penyebab plak pada gigi

penyebab primer plak gigi adalah dikarenakan kamu malas membersihkan gigi atau menggosok gigi, jika tidak melaksanakan rutinitas gosok gigi dengan baik dan secara teratur, maka plak gigi akan cepat menumpuk dan jadi tebal bahkan sampai mengeras. Plak gigi umumnya muncul di mulai kurang lebih 4 hingga 12 jam sesudah menggosok gigi. Oleh karena itu, apabila sangat lama dibiarkan, maka plak akan jadi menebal dan sulit untuk di hilangkan.

Tidak hanya itu jika kamu kerap mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi juga mampu mempercepat penumpukan plak di sela-sela gigi dan gusi, karbohidrat yang menumpuk adalah zat makanan yang disukai oleh mikroorganisme di mulut. Oleh karena itu, apabila ada sisa makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat dan tidak langsung disikat sampai bersih dengan odol, maka gigi kamu akan jadi tempat berkembangnya mikroorganisme.

Cara mencegah plak pada gigi

Cara menghindar terbentuknya plak pada gigi kamu dapat dilakukan dengan cara menghindari lebih dari satu hal seperti sikat gigi kamu secara rutin, hindari makanan minuman yang manis, mengurangi ngemil, berhenti merokok, dan perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Cara menghilangkan plak pada gigi

Cara menghilangkan plak pada gigi kamu adalah dengan cara memperbaiki perawatan kesehatan gigi kamu yang diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Gosok gigi 2 kali sehari selama 2 menit, menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur mampu menolong menahan terbentuknya plak dan mampu menghancurkan plak-plak yang sudah terbentuk. Lalu berkumur mengenakan obat kumur. Menggunakan benang gigi setiap hari untuk menghilangkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi yang tidak sanggup di jangkau oleh bulu sikat. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang terlampau manis.mengonsumsi makanan sehat dan ukuran yang seimbang.

Begitulah penyebab dan cara menghilangkan kan plak hitam pada gigi kamu, tapi jangan tunggu sampai hitam ya gigi kamu, karena akan lebih susah menghilangkan plak nya. jika gigi kamu sudah terlanjur menghitam segera ke dokter gigi dan jangan di tunda-tunda karena plak hitam jika di diamkan akan membuat gigi kamu ompong, tetap sehat ya!

Posting Komentar untuk "Penyebab Plak Hitam Gigi Dan Cara Menghilangkan Nya"