Air Kencing Berbau Kopi Apakah Berbahaya? Yuk Simak - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Kencing Berbau Kopi Apakah Berbahaya? Yuk Simak

air kencing berbau kopi apakah berbahaya yuk simak sehat mah harus

Sehatmahharus - Air kencing atau air urine adalah sisa-sisa racun yang di buang dari dalam tubuh kita, dan mempunyai bau yang khas tergantung pada pola makan atau minum kita, bisa juga bau dari Air kencing itu bisa menandakan kondisi kesehatan tubuh kita. Lantas jika air kencing berbau kopi apa karena terlalu banyak meminum kopi? Dan bagaiman kondisi kesehatan tubuh kita jika itu terjadi? Yuk simak supaya kita mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita.

Urine mempunyai bau khas yang mencerminkan keadaan kesehatan tubuh. Berubahnya bau urine biasanya terjadi karena perubahan pola makan dan minum, salah satunya air kencing kamu berbau kopi. Tapi, benarkah penyebab air kencing berbau kopi karena kebanyakan minum kopi? Jangan-Jangan, ada situasi gangguan kesehatan tubuh lain yang harus kamu waspadai.

Kenapa kencing bau kopi?

Karakteristik urine normal bisa kamu amati melalui baunya. Urine atau air kencing diproduksi oleh ginjal yang berasal dari zat hasil metabolisme yang sudah tidak terpakai lagi. Sisa metabolisme yang berasal dari makanan yang kamu konsumsi wajib dikeluarkan sehingga tidak menjadi racun. Inilah mengapa makanan dan minuman bisa merubah bau dan warna urine. Tidak cuman berasal dari makanan dan minuman, perubahan yang terdapat di didalam urine juga bisa berasal dari racun, alergen, sisa obat-obatan, hormon, atau bahan kimia tubuh lainnya.

Berdasarkan proses pembentukan urine bisa dikatakan bahwa penyebab perubahan air kencing yang berbau kopi adalah karena kebanyakan meminum kopi. Kopi mempunyai kandungan senyawa kimia berbeda yang mempengaruhi rasa, bau, dan warna urine. Aroma kopi di dalam urine bisa disebabkan oleh sisa senyawa antioksidan yang ikut terbuang, bisa dikatakan polifenol seperti asam hidrosisinamik. Makin banyak kopi yang kamu teguk dalam sehari, maka tubuh akan mengeluarkan cairan urine berbau menyengat dan tampak lebih pekat lebih dari biasanya.

Apakah kencing bau kopi berbahaya?

Mengonsumsi makanan dan minuman khusus memang bisa mengakibatkan bau urine menyengat, seperti kopi, bawang putih, petai, maupun jengkol. Antioksidan dan kafein yang memicu kencing bau kopi ini kerap kali tidak berbahaya bagi sebagian besar orang, asalkan konsumsinya tidak berlebihan. Untuk menghindari perubahan aroma urine, buang air kecil berlebihan, dan menpengaruhi kesehatan lainnya, kamu harus bisa membatasi mengonsumsi kopi.

Mayo Clinic merekomendasikan orang dewasa sehat untuk membatasi 400 mg kafein atau setara dengan empat cangkir kopi dalam sehari. Tetapi, kamu juga harus mengurangi asupannya sampai 200 mg kafein atau dua cangkir kopi per hari apabila tubuh kamu sensitif pada senyawa ini.

Apa tanda-tanda bila telah kebanyakan kafein? 

Asupan kafein berlebih memang bisa membawa dampak pada kondisi yang disebut overdosis kafein. Kamu wajib mewaspadai ini ketika konsumsi kopi terlampau berlebihan. Terlebih, tubuh juga bisa mendapatkan asupan kafein yang berasal dari minuman lain layaknya teh, cokelat, minuman bersoda, dan energi drink.

Tidak hanya membuat kencing berbau kopi, orang yang mengalami overdosis kafein juga bisa merasakan gejala layaknya:

• Perasaan gelisah

• Mual dan muntah

• tidak bisa tidur kronis

• sakit kepala

• nyeri dada

• sering buang air kecil

• kehilangan cairan tubuh

• detak jantung cepat

• sulit bernapas

• halusinasi

Apabila gejala berat dari overdosis kafein muncul, segeralah cari bantuan medis untuk memperoleh perawatan yang memadai.

Bagaimana cara menghilang kencing bau kopi?

untuk menghilangkan urine yang berbau kopi, kamu dapat menghentikan minum kopi sesegera mungkin. Lalu memperbanyak minum air putih juga mampu menetralkan ulang cairan di dalam tubuh agar urine tidak kembali berbau. Cara ini sekaligus jadi trik untuk menghindar kehilangan cairan tubuh yang bisa timbul akibat meminum kopi yang berlebihan. Untuk mendapat pengaruh kafein yang serupa seperti kopi, cobalah kamu beralih ke teh hijau atau teh hitam. Kedua teh ini memiliki kandungan kafein meski dosisnya lebih sedikit daripada kopi. 

Meskipun kencing berbau kopi umumnya tidak berbahaya, kamu harus waspada bila merasakan perubahan urin atau tanda-tanda berikut:

• Keinginan untuk buang air kecil tiba-tiba.

• Rasa sakit dan sensasi terbakar saat buang air kecil.

• Urine berwarna merah atau merah muda.

• Bau urine terlampau busuk dan menyengat.

• Nyeri terhadap perut bawah dan punggung.

• Peningkatan nafsu makan atau haus.

• Penurunan berat badan mendadak.perubahan emosi, bingung, atau gelisah.

• Kelelahan berlebih.

• Demam dan keringat dingin.

Jika kamu merasakan gejala itu atau khawatir akan keadaan kesehatan tubuh kamu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Air Kencing Berbau Kopi Apakah Berbahaya? Yuk Simak"