10 Cara Cegah Makanan Berlebihan Dengan Kekuatan Pikiran - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Cegah Makanan Berlebihan Dengan Kekuatan Pikiran

10 cara cegah makanan berlebihan dengan kekuatan pikiran sehat mah harus

Sehatmahharus - Perlu kita tahu bahwa lemak, gula, dan garam mampu mengontrol otak kita hingga membuat kita akan makan berlebihan atau overeating. Bagaimana cara menanganinya?

Mantan komisioner Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) bernama David Aaron Kessler, M.D. Mengatakan bahwa industri makanan sudah merancang iklan sebagus mungkin agar visualnya mampu memengaruhi pikiran konsumen supaya kecanduan makanan dan susah untuk lepas dari pengaruh tersebut. Untuk menanganinya, harus dilawan dengan kemauan dan kekuatan pikiran kita.

Berikut adalah 10 cara untuk mencegah kita dari makan berlebihan :

1. Perhatikan dengan seksama warna dan tekstur makanan kita. Mood akan menjadi lebih bagus sehingga kita tidak akan merasa selapar sebelumnya. Rasa lapar hanya ada dalam otak dan pikiran Anda.

2. Jika terdapat buah, maka konsumsilah separuh buah itu sebelum makan besar. Manisnya rasa buah akan cukup memuaskan nafsu makan sebelum makan besar. Memiliki Kalori rendah namun dapat mengenyangkan karena kandungan serat yang dimilikinya.

3. Gunakan sendok, garpu, atau pisau dengan ukuran lebih kecil untuk memperlambat proses makan. Atau bisa juga menggunakan sumpit. Pakailah piring yang lebih kecil agar supaya porsi makanan tampak lebih penuh.

4. Nikmati bagian makanan yang lebih enak dahulu supaya nafsu makan lebih cepat puas dan tidak perlu menghabiskan bagian yang kurang enak.

5. Bisa juga mulai makanan dari bagian yang paling alot (keras) semisal daging. Karena makin lama anda mengunyah, makin lama makanan tersebut berada dalam mulut, maka makin cepat kita merasa puas dengan makanan tsb.

6. Nikmati makanan dengan mengunyah perlahan dan rasakan. Semakin lama makanan berada dalam mulut, semakin cepat rasa lapar akan terpuaskan.

7. Hitung berapa suap yang kita makan. Ingat bahwa semua yang dimakan dari waktu pagi hingga sebelum tidur juga masuk hitungan asupan kebutuhan kalori harian.

8. Jika sudah merasa kenyang walau makanan belum habis, maka segeralah berhenti makan. Yang sudah dihabiskan maka itulah porsi makan. Pada kali berikutnya, makanlah dalam jumlah porsi itu agar tak ada sisa terbuang percuma.

9. Jika terasa ingin ngemil, kudaplah kacang tanah diselingi minum air putih atau air mineral. Maka kita akan kenyang lebih cepat tanpa harus menghabiskan kacang kulit dalam jumlah banyak.

10. Jika tiba-tiba terasa lapar, secepatnya minum air. Banyak dari kita yang salah mengira bahwa dirinya lapar padahal sebenarnya hanya haus.

Yang perlu diingat bahwa rasa lapar hanya ada dalam pikiran kita. Maka kekuatan pikiran yang akan mampu mengendalikan nafsu makan berlebih. Selamat mencoba, semoga sukses untuk program diet anda karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Itulah 10 Cara Cegah Makanan Berlebihan Dengan Kekuatan Pikiran. Terima kasih sudah berkunjung ke Sehat Mah Harus.


Posting Komentar untuk "10 Cara Cegah Makanan Berlebihan Dengan Kekuatan Pikiran"