Waktu dan Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Sehat - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu dan Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Sehat

waktu dan cara mendapatkan kualitas tidur sehat sehat mah harus

Sehatmahharus - Tidur adalah suatu kegiatan alami yang sangat bisa mempengaruhi kesehatan dari dalam maupun dari luar tubuh, yang bisa menjaga kesehatan mental dan kesehatan jasmani. Kekurangan waktu tidur pun akan membuat ketidakstabilan terhadap emosi, produktivitas kerja otak menurun, stres berlebih, kurang nya kreativitas, imun terhadap penyakit akan menurun, bahkan sampai gangguan jantung.

Jadi penting nya tidur sehat sangat bisa sekali menunjang produktivitas kerja seluruh tubuh, bahkan juga bisa menjaga kesehatan kita.

Daftar Isi

Bagaimana cara tidur sehat?

Tidur sehat dari setiap manusia itu berbeda-beda, menurut penelitian dari para ahli kesehatan manusia itu untuk memenuhi kecukupan tidur sehat bisa di golongkan dari umur seseorang, dari waktu berapa jam anda harus tidur dan kualitas dari tidur tersebut.

Waktu untuk memenuhi kecukupan tidur sehat

Dari segi waktu tidur sehat bisa di golongkan dari usia seseorang, dan berapa lama yang harus di penuhi untuk tidur sehat. Berikut waktu untuk memenuhi kebutuhan tidur sehat sesuai dari umur seseorang:

• Umur 0-1 bulan

Bayi yang baru lahir biasanya memerlukan waktu tidur 14 sampai 18 jam perhari nya.

• Umur 1-18 bulan

Di usia ini bayi membutuhkan waktu untuk tidur 12 sampai 14 jam perhari tidur malam dan tidur siang agar perkembangan otak bayi tumbuh secara normal.

• Umur 3-6 tahun

Untuk tumbuh kembang anak balita ini memerlukan waktu tidur 11 sampai 13 jam perhari tidur malam dan tidur siang. Jika anak balita kekurangan waktu tidur ini di khawatirkan akan terjadi obesitas di saat dewasa nanti.

• Umur 6-12 tahun

Menurut penelitian para ahli umum nya anak usia ini harus memenuhi kebutuhan tidur harian selama 10 jam perhari jika tidak terpenuhi di khawatirkan anak menjadi hiperaktif, kurang konsentrasi saat belajar, dan mempengaruhi perilaku di saat waktu sekolah.

• Umur 12-18 tahun

Pada saat remaja ini sangat penting sekali untuk tidur 8 sampai 9 jam perhari, jika waktu tidur harian ini tak terpenuhi anak remaja ini cenderung akan mudah depresi, Tidak fokus dalam kegiatan belajar mengajar yang menyebabkan nilai pelajaran buruk.

• Umur 18-40 tahun

Saat menginjak usia dewasa di sarankan untuk tidur 7 sampai 8 Jam perhari. Para ahli medis menyarankan bila ingin hidup sehat orang dewasa harus memenuhi kebutuhan tidur harian ini.

• Umur 40-60 tahun

Kebutuhan tidur harian sudah akan terus menurun, untuk waktu normal nya 7 jam perhari saja sudah cukup.

• Umur 60+

Lansia pun sudah lebih menurun lagi kebutuhan tidur harian nya hanya 6 jam perhari.

Itulah waktu tidur yang di perlukan seseorang untuk mendapatkan tidur sehat setiap hari. Tapi kita pun juga harus memenuhi tidur berkualitas setiap hari tidak hanya berapa lama anda memejamkan mata.

Bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk anak bayi hingga balita memang setiap hari harus memenuhi tidur harian dan bisa kita temani sampai tertidur pulas, tapi jika orang dewasa mungkin sudah tidak jadi rahasia lagi, pasti susah sekali mendapatkan kualitas tidur sehat. Di sini kami akan menyarankan bagaimana anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang sehat setiap hari.

Cara agar memperoleh kualitas tidur sehat

1. Menjaga makanan saat sebelum tidur.

Jangan biasakan habis sesudah makan langsung tidur ini bisa mengganggu kualitas tidur sehat anda di saat sedang kekenyangan langsung tidur bisa mengakibatkan hearth burn atau panas di dada anda. Dan juga jangan tidur di saat perut lapar atau kosong, umum nya jarak antara makan dan tidur itu sekitar 4 jam.

2. Menjaga minuman saat sebelum tidur.

Minuman saat sebelum tidur pun harus di perhatikan, di saat sebelum tidur jangan lah meminum air terlalu banyak, karena bisa membuat anda bangun di tengah malam untuk ke kamar kecil dan akhirnya kualitas tidur sehat anda pun akan terganggu, dan sebelum tidur hindari minum-minuman yang beralkohol, kafein, cola, teh, dan cokelat, itu akan membuat anda tidak mengantuk dan akhirnya anda kesulitan untuk tertidur.

3. Buat lah kebiasaan saat anda sebelum tidur

Membuat kebiasaan saat anda ingin tidur juga sangat perlu dilakukan, karena itu akan menjadikan peringatan pada tubuh anda dari terbangun beranjak ingin tidur. Lakukan lah kebiasaan seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau bisa dengan mandi malam dahulu dengan air hangat.

4. Kondisikan lah kamar anda menjadi senyaman mungkin.

Kondisi Kamar yang nyaman perlu dilakukan dari tempat tidur yang nyaman batal yang enak di tiduri, itu akan membuat Kerja otak Anda menjadi rileks dan membuat anda tertidur dengan kualitas tidur sehat.

5. Membuat jadwal tidur setiap hari

Membuat jadwal tidur setiap hari pun sangat perlu dilakukan baik hari biasa atau pun akhir pekan, dan catat juga kapan anda terbangun, lalu biasakan setiap hari. Mungkin sewaktu-waktu anda akan terbangun di malah hari atau tidak dapat tertidur sesuai jadwal yang anda buat, jika seperti itu lakukan kegiatan sebelum tidur hingga anda lelah dan akhirnya tertidur. Jangan pernah memaksakan untuk tertidur sesuai jadwal jika memang tidak bisa tidur, itu akan membebani kerja pikiran anda dan akhirnya mengurangi kualitas tidur sehat anda.

6. Membatasi tidur siang atau jangan tidur siang.

Untuk orang dewasa sebaiknya membatasi tidur siang atau sama sekali tidak tidur siang, karena tidur siang akan membuat tidur malam anda terganggu yang menyebabkan pada malam hari susah tidur siang, tapi jika di malam hari ada kerjaan atau ada kegiatan yang harus dilakukan di malam hari, anda di haruskan tidur siang dahulu, agar waktu harian tidur sehat anda terpenuhi.

7. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur ini akan membuat Anda cepat tertidur dimalam hari dan menjaga kualitas tidur sehat anda semakin baik. Tapi perlu di ingat, jangan biasakan olahraga yang berat sebelum tidur, karena itu akan membuat anda pikiran anda stres dan membuat anda susah tidur.

Begitulah cara mendapatkan kualitas tidur sehat dan waktu yang tepat untuk tidur. Selamat mencoba dan ayo kita sehat bersama! Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Waktu dan Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Sehat"