Tips Makan Sehat Di Tempat Kerja, Agar Penampilan Fisik Tetap Terjaga - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Makan Sehat Di Tempat Kerja, Agar Penampilan Fisik Tetap Terjaga

 

Suasana para pekerja sedang beristirahat dan makan di kantin kantor

Sehatmahharus - Mengkonsumsi makanan sehat di tempat kerja adalah tantangan untuk banyak orang. Penyebab utama adalah adanya kesibukan di kantor yang membuat tidak memiliki waktu untuk bisa menikmati makanan sehat, makanan yang umumnya dijual diluar adalah makanan yang praktis dan tidak mempunyai kandungan gizi. Tapi makanan tidak sehat tentu dapat merusak kesehatan Anda.

Daftar Isi

Berikut ini beberapa tips makan sehat di tempat kerja untuk Anda yaitu :

Jangan lupakan sarapan

Sarapan akan meningkatkan produktivitas karena bisa mengurangi kelelahan, kantuk dan membantu agar Anda bisa berkonsentrasi dengan baik. Ketika bangun tidur, metabolisme otak akan meningkat sehingga dibutuhkan glukosa sebagai sumber tenaga. Sarapan yang baik adalah makanan yang membutuhkan waktu untuk dicerna, contohnya roti gandum ditambah telur dadar dengan bawang bombay, paprika serta tomat.

Jangan lewatkan makan siang

Makan siang di tempat kerja sangat penting karena selain mengisi perut, makan siang juga merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak. Sebaiknya, makan siang tidak dilakukan diatas meja kerja tapi beranjak dari meja kerja supaya membantu tubuh dan juga pikiran kembali segar dan memperbaiki mood Anda.

Perhatikan menu makan siang yang dipilih

Boleh saja anda sesekali makan siang di pinggir jalan ataupun restoran. Makan di luar boleh saja, dengan syarat harus tetap memenuhi kebutuhan tubuh akan serat, protein dan juga karbohidrat sesuai porsinya. Menu makan siang yang baik contohnya 50% sayur dan buah, 25% protein serta 25% karbohidrat.

Cemilan

Godaan menikmati cemilan bisa timbul karena adanya rekan kerja yang biasanya membawa makanan kecil atau kue-kue ketika meeting. Diet sehat tidak berarti pantang menikmati cemilan, jadi boleh saja ngemil. Aturan ngemil adalah memperhatikan porsi dan juga kalori cemilan. Jangan sampai karena terkesan kecil-kecil dan tidak mengenyangkan, Anda langsung memasukkan kalori yang terlalu banyak dari cemilan. Hal ini bisa menyebabkan berat bedan akan bertambah.

Menyeruput teh dan kopi

Teh dan kopi biasanya menemani keseharian di kantor. Bagi sebagian orang yang suka minum teh dan kopi sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Bahkan, tubuh akan terasa tidak bertenaga jika belum minum minuman ini. Mengkonsumsi teh atau kopi boleh saja asal tidak terlalu banyak. Porsi teh ataupun kopi yang diperbolehkan adalah 1 sendok teh ataupun kopi dengan gula hanya setengah sendok dan tidak melebihi 2 cangkir dalam sehari.

Makan malam sehat

Umumnya, tidak ada aktivitas yang membutuhkan banyak energi di malam hari. Jadi, untuk makan malam, porsi karbohidrat bisa dikurangi. Jika Anda lembur dan memilih untuk tetap makan di rumah, Anda dapat memilih snack yang sehat ataupun buah-buahan.

Dengan menyempatkan makan dengan porsi yang tepat, akan membantu Anda untuk memiliki cukup energi untuk bisa melakukan hari-hari yang sibuk, menjaga berat badan supaya tetap ideal serta penampilan fisik akan tetap terjaga.

Posting Komentar untuk "Tips Makan Sehat Di Tempat Kerja, Agar Penampilan Fisik Tetap Terjaga"