9 Cara Memutihkan Wajah Dengan Alami dan Aman - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Memutihkan Wajah Dengan Alami dan Aman

9 cara memutihkan wajah dengan alami dan aman sehat mah harus

Sehatmahharus - Setiap orang memiliki warna kulit yang belum tentu sama. Warna kulit yang berbeda-beda seperti putih pucat, kemerah-merahan, kuning langsat, hingga coklat gelap ini terkait dengan jumlah melanin dalam tubuh. 

Karena memiliki kulit yang lebih gelap dari orang di sekitarnya, banyak wanita yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit putih. Terkait hal ini, berikut ini ada beberapa cara memutihkan wajah yang bisa Anda simak.

9 Cara Memutihkan Wajah

Wanita Asia yang memiliki kulit kecoklatan sering merasa rendah diri oleh warna kulitnya. Karena hal ini, banyak dari mereka yang kemudian melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit putih sebagaimana kebanyakan wanita Asia di Cina maupun Jepang. Apabila Anda adalah satu dari sekian banyak wanita yang ingin mendapatkan kulit putih, berikut beberapa caranya.

1. Ramuan Bengkoang

Cara memutihkan wajah yang pertama adalah dengan menggunakan bengkoang. Anda tentu sering menjumpai banyak produk kosmetik seperti pemutih yang menggunakan bengkoang dalam komposisi pembuatannya. Bengkoang atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan besusu ini merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan B1. Vitamin tersebut berkhasiat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit.

Apabila Anda takut menggunakan krim pemutih yang berefek samping, Anda bisa menggunakan bengkoang untuk membuat masker alami. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bengkoang yang telah dikupas dan dicuci kulitnya. Bengkoang kemudian diparut. Anda juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya. Bengkoang yang telah halus kemudian diperas dan diambil sarinya. Sari bengkoang yang mengendap itulah yang digunakan sebagai masker wajah. Setelah masker mengering sekitar 15 menit, Anda bisa membilas wajah menggunakan air dingin. Dengan perawatan rutin 2 kali dalam seminggu, Anda bisa melihat perubahan warna kulit pada wajah Anda.

2. Air Beras

Beras mengandung zat baik untuk kulit yang disebut dengan asam ferulic dan allantoin. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk mencerahkan kulit sekaligus melindunginya dari kerusakan. Air sisa cucian beras yang pertama bisa Anda endapkan terlebih dahulu sebelum dioleskan pada wajah. Mengapa air endapan pertama? Air endapan pertama yang berwarna putih kental itulah yang masih mengandung banyak zat yang dibutuhkan kulit.

Selain menggunakan air cucian beras, Anda bisa menggunakan ramuan beras berikut ini. Pertama, 4 sendok makan beras dicampurkan dengan air dingin. wadah tersebut kemudian dikocok hingga menghasilkan air berwarna putih. Air beras tersebut dioleskan pada wajah menggunakan kapas. Setelah didiamkan selama kurang lebih 20 menit, Anda bisa membasuh wajah menggunakan air dingin.

3. Madu murni

Selain berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan, madu juga dapat digunakan untuk mencerahkan wajah. Selain mencerahkan, madu murni juga memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti mengangkat sel kulit mati, melembabkan wajah, antibiotik alami terhadap radikal bebas, menghilangkan jerawat, serta menghambat gejala penuaan pada kulit.

Cara memutihkan wajah menggunakan madu adalah sebagai berikut. Setelah Anda mengambil satu sendok makan madu, wajah Anda yang telah dibersihkan kemudian diolesi dengan madu. Olesan madu pada wajah kemudian didiamkan selama 15 menit. Selanjutnya, wajah dibilas dengan air hangat.

4. Yogurt

Selain bermanfaat sebagai pendamping makanan diet, yogurt juga merupakan bahan alami untuk memutihkan kulit wajah. Disamping itu, yogurt juga dapat menyamarkan noda hitam akibat jerawat di wajah karena kandungan vitamin B5 dalam yogurt. Sementara itu, nutrisi lainnya seperti kalsium dan asam laktat berkhasiat untuk melembabkan sekaligus menyehatkan kulit.

Untuk membuat masker berbahan dasar yogurt, pertama Anda harus menuangkan 1 sdm yogurt beserta madu murni dan susu secukupnya ke dalam wadah. Semua bahan tersebut harus diaduk rata sebelum dioleskan pada wajah Anda. Setelah dibiarkan selama kurang lebih 20 menit, seluruh permukaan wajah yang diolesi adonan yogurt dibilas menggunakan air hangat.

5. Lidah buaya

Cara memutihkan wajah yang bisa juga Anda terapkan adalah menggunakan lidah buaya atau Aloe vera. Selain bersifat mendinginkan dan menyegarkan kulit, Lidah buaya juga dapat mengurangi resiko kulit gelap akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena zat aloesin dalam Lidah buaya yang mampu menghambat pembentukan melanin, zat dalam tubuh yang menyebabkan kulit berwarna gelap.

Bagian yang dimanfaatkan untuk membuat masker lidah buaya adalah bagian gel beningnya. Gel tersebut dioleskan pada wajah dan didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, wajah dibilas menggunakan air hangat dan dikeringkan. Perawatan masker lidah buaya ini dapat dilakukan selama sebulan agar terlihat hasilnya.

6. Kulit jeruk

Salah satu dari sekian banyak cara memutihkan wajah adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Selain sebagai antioksidan karena kandungan vitamin C di dalamnya, kulit jeruk juga berkhasiat untuk menghilangkan kusam pada wajah. Resep kulit jeruk yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut.

Pertama, Anda harus menyiapkan kulit jeruk yang telah beberapa hari dikeringkan dibawah sinar matahari. Selanjutnya, kulit jeruk kering dihaluskan, bisa menggunakan blender. Bubuk kulit jeruk yang halus kemudian ditambahkan dengan air secukupnya sehingga menjadi pasta. Pasta kulit jeruk ini kemudian dioleskan pada wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, wajah dibilas menggunakan air hangat. Anda dapat melakukan perawatan ini seminggu 2 kali.

7. Pepaya

Selain mengandung vitamin A, C, E yang dapat memberikan nutrisi dan kelembapan pada kulit, pepaya juga mengandung enzim papain yang baik melawan gangguan regenerasi dan pigmentasi kulit. Anda dapat mengambil manfaat ini dengan memakan buahnya maupun membuatnya menjadi masker wajah. Sebagai masker, Anda harus menyiapkan potongan-potongan daging buah pepaya yang telah dibersihkan dengan air. Potongan pepaya kemudian dihaluskan dan dioleskan pada wajah. Setelah didiamkan 15 menit, wajah bisa dibilas menggunakan air hangat. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal jika melakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

8. Lemon

Cara memutihkan wajah juga dapat dilakukan menggunakan buah lemon. Anda hanya perlu mengoleskan air perasan buah lemon ke area wajah dan mendiamkannya selama 15 menit. Setelah itu, wajah dibilas dengan air hangat. Air perasan buah lemon yang kaya akan vitamin C serta asam alpha hidroksi bermanfaat sebagai antioksidan serta agen bleaching terhadap radikal bebas penyebab kulit kusam wajah. Agar tidak terkena iritasi, sebaiknya air lemon tidak dioleskan pada wajah yang luka.

9. Alpukat

Aplukat adalah bahan lainnya bagi Anda yang bingung bagaimana cara memutihkan wajah. Daging buah alpukat yang matang dikeruk dan dicampur dengan 1 sdm madu atau air lemon. Campuran bahan tersebut kemudian dioleskan pada wajah. Setelah didiamkan beberapa saat, wajah dibilas dengan air hangat.

Demikian beberapa cara memutihkan wajah yang bisa Anda ikuti agar mendapatkan kulit yang cerah, bersih, dan sehat. Selain menggunakannya sebagai masker luar, Anda juga bisa mencerahkan kulit dengan rajin mengonsumsi buah-buahan yang disebutkan di atas. Selamat mencoba masker alami untuk wajah.


Posting Komentar untuk "9 Cara Memutihkan Wajah Dengan Alami dan Aman"