Cara Menghilangkan Kutu di Kucing - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Kutu di Kucing

cara menghilangkan kutu di kucing sehat mah harus

Sehatmahharus - Bagi cat lovers pasti sangat sangat merasa bersalah kalau kucing kamu kutuan, apa lagi kutunya banyak banget, pasti sangat sedih sekali. Memang kutu kucing itu paling susah di bersihkan, sudah di makan eh ada kutu lagi. Tapi tenang di sini akan memberitahukan kamu tentang Cara Menghilangkan Kutu di Kucing kamu. 
Punya kucing peliharaan di tempat tinggal, kamu wajib tahu cara menghilangkan kutu kucing yang efektif. Karena, infeksi kutu merupakan salah satu kasus kesehatan yang sering diderita oleh kucing

Kutu kucing (Ctenocephalides felis) adalah parasit yang paling banyak menyerang kucing di hampir semua kucing global. Parasit ini hidup dengan cara menghisap darah lewat kulit kucing kesayangan kamu.

Infeksi kutu dapat memicu gatal-gatal, iritasi, alergi, apalagi kurang darah atau tidak cukup darah terhadap kucing. Bukan hanya itu saja, kutu juga sanggup menularkan parasit lainnya, layaknya cacing pita ke kucing peliharaan kamu.

Gejala infeksi kutu terhadap kucing

Kutu dan telurnya biasanya akan tampak bermunculan di sekitar kulit dan bulu kucing. Waktu sedang terinfeksi kutu, kucing bisa saja mengalami lebih dari satu tanda dan gejala berikut:

• Kerap menggaruk tubuh dan telinga
• Sering menggigit atau menjilat tubuh
• Bulu rontok
• Bibir dan gusi pucat
• Kulit iritasi dan kemerahan
• Terlihat indolen dan tidak berenergi
• Terdapat luka terbuka, borok, atau koreng di kulit

Cara menghilangkan kutu di kucing

Di bawah ini adalah sebagian cara yang dapat anda coba untuk menghilngkan infeksi kutu terhadap kucing kesayangan kamu:

1. Gunakan sisir serit kucing

Menyisir bulu kucing dengan menggunakan sisir serit khusus untuk kucing, biasanya berbahan logam dengan gigi yang kedap adalah salah satu cara yang bisa kamu terapkan untuk membasmi kutu kucing sekaligus telurnya. Cara ini juga dapat menolong kurangi gatal yang dirasakan kucing kamu akibat infeksi kutu.
Berikut adalah langkah-langkah yang wajib kamu lakukan untuk menghilangkan kutu kucing dengan menggunakan sisir serit khusus untuk kucing:

• Sisir bulu kucing di mulai dari kepala sampai ekor.

• Bersihkan kutu kucing, telur, dan kotoran yang terperangkap di sisir serit dengan merendamnya ke dalam campuran air hangat dan detergen.

• Ulangi cara ini lebih dari satu kali sehari.

2. Buat semprotan kutu yang berasal dari bahan-bahan alami

Ada bermacam bahan alami yang efektif untuk membasmi kutu yang ada di tubuh kucing, layaknya lavender dan teh chamomile. Keduanya bisa kamu manfaatkan untuk bahan semprotan kutu kucing di tempat tinggal kamu.

Terkecuali jika kamu menginginkan memakai daun lavender, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu semalaman, lalu semprotkan airnya ke tubuh kucing secara merata. Sedangkan jika kamu menginginkan mengenakan teh chamomile, rendamlah chamomile dengan air panas, lalu semprotkan sesudah dingin.

Kamu juga dapat memakai minyak esensial dengan bahan alami, layaknya ekstrak lemon, kayu putih, serai, thyme, kelabat (Fenugreek), dan tea tree oil, untuk membasmi kutu kucing.

3. Mandikan kucing kamu dengan sampo kutu

Agar kucing kamu terhindar dari infeksi kutu, sangat peting untuk selalu mempertahankan kebersihan tubuhnya. Untuk membersihkan kucing kamu dari kutu dan kotoran, kamu juga bisa memandikannya dengan sampo antikutu khusus kucing. Sampo ini umumnya sangat mudah kamu dapatkan di pet shop.
Sehabis memandikan kucing, gunakan sisir serit untuk membersihkan sisa-sisa kutu dan telur kutu yang masih menempel di bulunya.

4. Berikan obat minum antikutu

Jika cara di atas tidak berhasil menanggulangi kutu terhadap kucing kesayangan kamu, kamu juga bisa memberinya obat minum antikutu. Meski demikian, berbeda dengan obat antikutu yang lainnya, obat-obatan ini umumnya sebatas mampu anda dapatkan dengan menebus resep dari dokter hewan.

5. Berikan obat tetes antikutu

Cara lain untuk menghilangkan kutu kucing adalah bisa menggunakan obat tetes antikutu. Obat ini bisa saja kamu beli di pet shop atau secara online. Bahan aktif yang umumnya terkandung di dalamnya meliputi:

• Fipronil
• Imidakloprid
• Selamctin
• Fluralaner

Sesudah obat ini diteteskan ke kulit dan bulu kucing, kamu juga harus mengawasi nya supaya kucing kamu tidak menjilatinya. Hindari juga untuk mengelus atau memandikan kucing sampai obat ini mengering. Pasalnya, hal-hal ini mampu turunkan efektifitas obat tetes kutu.

6. Berikan obat kutu suntik

Pilihan yang lainnya untuk menanggulangi kutu kucing adalah dengan obat kutu yang disuntikkan ke tubuh kucing. Umumnya obat kutu injeksi diberikan 6 bulan sekali oleh dokter hewan.

Obat kutu suntik biasanya mempunyai kandungan bahan aktif bernama lufenuron, yang berfungsi untuk menahan berkembangnya telur kutu atau kutu muda. Meski demikian, lufenuron tidak efektif untuk membunuh kutu dewasa.

Karena alsan itu, sebaiknya pemberian obat kutu suntik lebih efektif dibarengi bersama penerapan cara menghilangkan kutu kucing yang lainnya.

Walau amat mengganggu, infeksi kutu kucing sebenarnya gampang kok, untuk diatasi. Sehingga kucing kesayanganmu bisa selamanya terbebas dari kutu dan telurnya, anda harus bersabar dan telaten melakukan cara menghilangkan kutu kucing selama kurang lebih 3 bulan. Jalankan cara-cara di atas secara rutin ya agar kucing kamu tetap sehat dan mempesona.

Jika memang terlanjur kutu kucing menjadi infeksi maka di sarankan untuk kamu membawanya kedokter hewan, agar cepat di tangani dengan cata profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Kutu di Kucing"