8 Cara Merawat Gigi dan Mulut Dengan Benar - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Merawat Gigi dan Mulut Dengan Benar

8 cara merawat gigi dan mulut dengan benar sehat mah harus

Sehatmahharus - Senyuman memang merupakan daya tarik yang bisa membuat seseorang bertambah manis dan juga mudah didekati. Ketika seseorang tersenyum, maka bagian yang akan terlihat adalah gigi, maka penting untuk bisa menjaga kesehatan gigi supaya tetap putih, gigi tidak berlubang dan juga tersusun rapi. Selain merawat gigi, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan mulut dan lidah supaya tidak menimbulkan bau mulut. Berikut ini adalah tips merawat gigi dan mulut supaya tetap sehat dan indah:

1. Pilih Dental Floss, Hindari Tusuk Gigi

Setelah selesai menikmati makanan, biasanya terdapat sebagian makanan yang masuk celah-celah gigi. Keadaan ini bisa mengganggu dan jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan gigi rusak. Untuk mengeluarkannya anda bisa menggunakan dental floss daripada memakai tusuk gigi. Dental floss akan meminimalkan terjadinya gesekan dan juga benturan pada gigi serta gusi.

2. Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi

Waktu menyikat gigi yang tepat adalah pagi sesudah sarapan dan juga malam sebelum tidur, karena ketika tidur, tidak ada produksi ludah. Akibatnya, jika terdapat sisa makanan, akan bisa membuat bakteri dan kuman aktif. Apalagi sisa makanan yang mengandung asam dan juga gula akan melemahkan enamel gigi serta meningkatkan risiko gigi berlubang.

3. Berkumurlah dengan Mouthwash

Sesudah selesai menyikat gigi, lengkapi dengan berkumur dengan memakai mouthwash yang mengandung antiseptik. Ini berguna untuk bisa melindungi gigi dari plak. Pada mulut yang mengalami masalah, misalnya luka pada gusi bisa menggunakan mouthwash yang memiliki antibiotik.

4. Kerok Lidah

Permukaan lidah yang berbentuk seperti “bukit lembah” yang berarti terdapat celah-celah di permukaan lidah yang harus dibersihkan. Kototran tidak akan hilang hanya dengan berkumur. Cara membersihkannya dengan mengerok permukaan lidah menggunakan sikat gigi.

5. Kunyah Permen Karet

Permen karet bisa membersihkan sisa makanan dan juga plak pada permukaan gigi. Menguyah permen karet akan merangsang peningkatan produksi saliva sehingga mulut tidak menjadi kering dan bau mulut.

6. Batasi Konsumsi Gula serta Asam

Sebisa mungkin, batasilah makanan dan juga minuman yang memiliki gula dan asam. Karbohidrat sederhana yang ada di dalamnya sangat disukai oleh bakteri. Bakteri akan membuat plak yang bisa mengubah gula menjadi asam. Asam bisa mengikis enamel gigi dan juga membuat gigi berlubang. Akan sangat baik, jika sesudah mengkonsumsi gula ataupun asam, sempatkan waktu untuk tetap menyikat gigi.

7. Tidak Merokok

Ketika menghisap rokok, asap rokok dan jutaan zat kimia lain yang ada pada sebatang rokok akan masuk ke dalam mulut dan bisa memengaruhi jaringan serta organ yang ada di dalam mulut. Asap panas rokok juga bisa mengurangi produksi ludah yang dapat menyebabkan bau mulut, menyebabkan mulut menjadi kering serta menjadikan kondisi mulut sebagai tempat berkembang biaknya bakteri.

8. Periksakan Gigi

Sakit ataupun tidak, sebaiknya Anda rutin untuk mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Tujuannya adalah memeriksa kesehatan gigi dan mulut. Jika tidak terdapat masalah, Anda bisa membersihkan karang gigi.

Mungkin itulah sedikit tips sehat cara merawat gigi dan mulut dengan benar yang di paparkan oleh Sehat Mah Harus, jangan lupa baca tips-tips sehat lainnya di website ini. Terima Kasih telah berkunjung.

Posting Komentar untuk "8 Cara Merawat Gigi dan Mulut Dengan Benar"