Cara Mengatasi Kebotakan Dini Secara Alami Ampuh - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kebotakan Dini Secara Alami Ampuh

cara mengatasi kebotakan dini secara alami ampuh sehat mah harus

Sehatmahharus - Tanpa memandang jenis kelamin, terdapat satu jenis masalah yang dialami sebagian orang di seluruh dunia, tak lain masalah tersebut adalah kerontokan rambut. Normalnya, rambut dapat rontok sekitar 100 helai perharinya dengan berbagai penyebab, seperti kekurangan mineral, stres, bawaan lahir, pengaruh obat-obatan, polusi dan diet.

Proses penuaan ternyata tidak monopoli para wanita, karena pada kenyataannya pria juga takut mengalami gangguan kesehatan maupun penampilan terutama bila telah menginjak usia paruh baya. Dalam sebuah survey pada 200 pria dewasa di Inggris yang Sehat Mah Harus kutip dari dailymail, ditemukan hasil yang mengungkapkan bahwa ketakutan pria paling besar ketika beranjak tua adalah kebotakan, bahkan jumlahnya melebihi jumlah ketakutan pria terhadap impotensi. Berikut merupakan ringkasan hasil survey tersebut :

1. 94 persen takut botak

2. 89 persen takut impoten

3. 75 persen takut beruban

4. 64 persen takut gemuk

5. 61 persen takut ompong

6. 45 persen takut rabun dan harus pakai kacamata tebal

7. 31 persen takut tuli

8. 24 persen takut punya bau mulut

Tom MacKenzie, seorang psikoterapis menyebutkan bahwa selain memakai topi, tak ada begitu banyak cara menyembunyikan kebotakan kepala. Namun, bila kondisi keuangan Anda memungkinkan, Anda dapat melakukan pigmentasi kulit kepala.

Daftar Isi

Cara Mengatasi Kebotakan Dini

Lalu, bagaimana cara mengatasi kebotakan dini, untuk membantu para pria yang diam-diam panik dengan ancaman kebotakan ? Berikut kami berbagi dengan Anda :

1. Gunakan Shampo Formula Ringan untuk Keramas Sehari-Hari

Dalam mencegah kehilangan rambut dalam jumlah besar, disarankan untuk menjaga rambut dan kulit kepala selalu bersih yang mana berarti Anda perlu untuk teratur membersihkannya dengan keramas. Mencuci rambut setiap hari juga dikatakan dapat mengurangi resiko infeksi atau ketombe pada kulit kepala yang dapat menyebabkan Anda mengalami kerontokan. Lagipula, keramas dapat menambah volume rambut. Bila Anda kesulitan mencari shampo berformula ringan, Anda dapat mencoba shampo bayi. Manfaatnya tidak begitu jauh berbeda.

2. Tingkatan Asupan Vitamin

Vitamin dianggap efektif tidak hanya untuk seluruh tubuh tapi juga untuk rambut, terutama vitamin A yang dikatakan dapat membantu produksi sebum yang lebih baik di kulit kepala. Ada juga vitamin E yang disebut-sebut dapat membantu peningkatan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga membantu folikel memproduksi lebih banyak helai rambut. Namun, jika tujuan Anda ingin mempertahankan warna rambut disarankan untuk menambah vitamin B dalam menu Anda.

3. Tambahkan Protein dalam Menu Anda

Pertumbuhan rambut membutuhkan protein yang mana dapat Anda temukan di dalam ikan, daging-dagingan, kedelai, telur dan banyak jenis lainnya. Protein juga dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

4. Gunakan Minyak Esensial untuk Pijat

Semua orang yang menderita kerontokan dapat menggunakan minyak esensial untuk memijat kulit kepala selama beberapa menit. Minyak esensial ini termasuk minyak wijen atau minyak almond dengan lavender akan membantu folikel rambut aktif lebih lama.

5. Jangan Menyisir Rambut Saat Basah

Rambut ketika basah berada dalam kondisi lebih lemah sehingga disarankan untuk menghindari menyisir rambut saat basah untuk menghindari kerontokan. Jika Anda benar-benar merasa perlu menyisir ketika basah, gunakan sisir bergigi jarang namun jauh lebih baik jika Anda menggunakan jemari Anda.

6. Gunakan jus jahe atau bawang merah

Gunakan parutan/jus/sari kedua hal tersebut dan gosokkan di kulit kepala dan biarkan selama semalaman dan bilas pagi harinya. Jika dilakukan teratur setiap hari dalam seminggu Anda akan merasakan manfaat positifnya.

7. Tingkatkan Asupan Cairan

Seperempat helai rambut terdiri dari air sehingga disarankan untuk minum setidaknya empat hingga delapan gelas sehari untuk menjaga hidrasi dan kesehatan pertumbuhan rambut.

8. Konsumsi Teh Hijau

Telah ditemukan survei yang mengungkapkan bahwa kerontokan dapat diatasi dengan menggosokkan teh hijau secukupnya (sekitar 2 kantong teh) yang direbus dengan secangkir air dan didinginkan sebelum diaplikasikan. Tunggu satu jam sebelum dibilas. Gunakan seminggu sekali atau sesuai kebutuhan.

9. Identifikasi Hal Buruk untuk Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut disarankan untuk sebelumnya memahami bagaimana merawat rambut, misalnya lebih baik membiarkan rambut kering dengan sendirinya daripada menggosok dengan handuk.

10. Bebas Alkohol dan Rokok

Keduanya dapat memperlambat aliran darah ke kulit kepala sehingga mempengaruhi pertumbuhan rambut.

11. Olahraga Teratur

Dianjurkan untuk berolahraga ringan secara teratur. Anda dapat berjalan kaki atau berenang selama setengah jam untuk mempertahankan hormon tetao berada dalam level seimbang sehingga mengurangi stress dan kerontokan.

12. Lawan Stres

Stres dianggap menjadi alasan utama kerontokan rambut sehingga dianjurkan untuk melawan stress untuk mencegah kerontokan terjadi. Anda dapat mencoba yoga, meditasi yang diketahui dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam posisi seimbang.

13. Hindari Panas Terus Menerus

Jangan membiarkan rambut Anda seringkali terpapar panas dengan mesin pengering karena hal ini dapat melemahkan protein rambut sehingga menjadi rapuh dan patah.

14. Jangan Berkeringat di Kepala

Pria yang memiliki kulit kepala yang berminyak diketahui memiliki masalah ketombe terutama di musim panas atau kemarau sehingga mudah berkeringat dan meningkatkan resiko rambut rontok. Untuk mencegah ketombe, disarankan menggunakan shampo yang memiliki kandungan lidah buaya. Pria yang mengenakan helm juga ditemukan banyak yang menderita rambut rontok karena keringat menghambat pori-pori yang akhirnya menyebabkan rambut rontok. Jika tidak ada alternatif lain selain menggunakan helm, sebaiknya gunakan scarf pada rambut sebelum memakai helm.

15. Ubah Gaya Rambut

Beberapa pria senang memanjangkan rambut, mengkeriting, atau mengepang rambutnya. Kerontokan mungkin menjadi salah satu tanda Anda untuk mengubah gaya rambut Anda. Hindari kelakuan menarik atau menata rambut terlalu sering.

16. Pertahankan Kesehatan

Jaga kesehatan tubuh secara umum. Hindari infeksi, demam dan lain-lain.

17. Berobat

Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk hasil yang lebih sesuai dengan kondisi Anda.

18. Hindari Zat Kimia

Zat kimia yang didapat daro pewarna rambut dapat merusak kesehatan rambut, usahakan menghindari pewarnaan pada rambut.

Demikian lah cara mengatasi kebotakan dini secara alami, semoga kekhawatiran anda dengan rambut rontok yang memicu kebotakan bisa di selesaikan dengan segera.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kebotakan Dini Secara Alami Ampuh"