Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Penyebab Asam Urat - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Penyebab Asam Urat

cara mengobati asam urat secara alami dan penyebab asam urat sehat mah harus

Sehatmahharus - Asam urat adalah salah satu penyakit yang terjadi pada sendi. Biasanya orang yang terkena asam urat akan mengalami rasa sakit di sekitar sendi dan pada kondisi tertentu sendi tersebut mengalami pembengkakan.

Perlu kita ketahui salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Purin yang dicerna oleh tubuh kita akan menghasilkan limbah yaitu asam urat.

Biasanya asam urat terjadi pada sendi kaki dan tangan. Misalnya di sendi pergelangan tangan, Jari tangan, Pergelangan kaki dan jari kaki.

Asam urat memang tidak bisa disembuhkan secara langsung, namun kita bisa menguranginya dengan melakukan beberapa langkah tertentu. Kita bisa menggunakan bahan alami atau obat obatan untuk mengurangi asam urat.

Berikut ini beberapa cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengobati asam urat 

• Makan makanan yang kaya akan vitamin C

Vitamin C yang terdapat pada sayuran dan buahan memiliki fungsi untuk mengobati asam urat pada tubuh, mengurangi kadar asam urat yang tinggi. Beberapa buah dan sayuran yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah pepaya, nanas, mangga, bayam, kentang, tomat dan kol.

• Rutin minum air lemon 

Lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lemon mengandung asam sitrat, yang berguna untuk mengobati dan mengurangi kadar asam urat tinggi pada tubuh kita.

• Minum Jahe

Jahe yang sering kita gunakan sebagai bahan penyedap makanan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Jahe memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.

Jahe memiliki antiradang yang berguna mengurangi rasa nyeri karena asam urat. Anda cukup mencampurkan madu dengan jahe atau air hangat dengan jahe lalu diminum 3 kali dalam sehari. 

Atau anda bisa juga memarut jahe kemudian dicampur dengan air hangat. Letakkan hasil campuran tersebut di tubuh anda yang terkena gangguan asam urat. 

• Mengonsumsi Buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan serat dan mengandung antioksidan untuk tubuh, Seorang penderita asam urat disarankan mengonsumsi buah dan sayur.

Hal ini dikarenakan buah dan sayur memiliki antioksidan yang berguna untuk mengatasi nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat. 

• Minum Air Kunyit 

Kunyit yang biasa digunakan untuk bahan penyedap makanan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Kunyit mengandung curcumin yang berguna untuk mengurangi dan mengobati asam urat. 

Cara meminumnya cukup mudah, Pertama parut kunyit hingga rata kemudian di peras. air perasannya inilah yang kita menang.

• Banyak mengonsumsi air putih

Banyak mengonsumsi air putih bagus untuk kesehatan tubuh, Hal ini kita lakukan agar asam urat terbuang melalui urin dan tidak menumpuk di bagian tubuh tertentu

• Hindari Stres yang berlebihan

Pikiran yang penuh tekanan akan mengakibatkan stress sehingga tumbuh rentan terkena peradangan. Peradangan yang terjadi akan memicu asam urat naik yang mengakibatkan rasa nyeri di sendi.

Oleh karna itu kita harus mengontrol diri agar tidak stress, ada beberapa hal yg bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran yaitu dengan meditasi atau melakukan olahraga Yoga

• Menjaga berat badan agar tidak obesitas

Menjaga berat badan merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh, Orang yang terkena obesitas biasanya mereka memiliki resiko lebih tinggi terkena asam urat.

Dengan menjaga berat badan anda telah mengurangi resiko terkena asam urat dna sekaligus untuk diet menurunkan berat badan.

Itulah hal hal yang dapat anda lakukan untuk mengobati asam urat secara alami. Selain itu perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa penyebab terjadinya asam urat.

Berikut ini penyebab terjadinya asam urat 

• Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak purin (daging merah, hidangan laut, jeroan)

• Memiliki riwayat penyakit asam urat dari keluarga 

• Banyak mengonsumsi obatan seperti aspirin, sislosporin dan obatan lainnya. 

Apabila asam urat semakin terasa nyeri hari demi hari ada baiknya anda konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Karena bisa jadi beberapa cara diatas tidak dapat mengobati asam urat anda. 

Point penting dalam mengobati penyakit ini yaitu mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak purin. Karna hal inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya asam urat.


Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Penyebab Asam Urat"