Hati Hati Ini Gejala Ambeien dan Cara Mengobati Ambeien - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati Hati Ini Gejala Ambeien dan Cara Mengobati Ambeien

hati ini gejala ambeien dan cara mengobati ambeien sehat mah harus


Sehatmahharus - Ambeien adalah kondisi dimana pembuluh vena disekitar anus mengalami pembengkakan. Ambeien atau wasir biasanya timbul di sekitar bagian dubur. Hal ini terjadi karena kebiasaan mengejan ketika sedang buang air besar.

Ambeien ternyata ada dua jenis, Berikut ini merupakan jenis ambeien dan ciri cirinya 

Ambeien Dalam 

Mengapa disebut dengan ambeien dalam? karena pembengkakan Pembuluh vena terjadi di dalam anus. Ambeien jenis ini biasanya tidak terasa dan tidak menimbulkan rasa sakit. Ambeien dalampun biasanya dapat sembuh dengan sendirinya.

Gejalanya yaitu anus terasa nyeri dan gatal. Gejala ini pun terjadi ketika ambeien dalam tumbuh menjadi besar. 

Ambeien Luar

Pembengkakan pembuluh vena terjadi dibagian luar anus. Ini merupakan ambeien jenis berat , karena ambeien ini menimbulkan rasa sakit dan panas disekitar anus. Selain itu gejala yang lainnya adalah BAB berdarah, Timbulnya benjolan/pembengkakan disekitar anus.

Ambeien ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Karena pembengkakan terjadi diluar anus, Hal ini menyebabkan penderitanya sulit untuk beraktivitas dan bergerak, dan hal ini harus segera ditangani.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya pembengkakan vena di sekitar anus. Pembengkakan biasanya terjadi karena meningkatnya tekanan pada rektum bagian bawah . Beirkut ini beberapa faktor yang menyebabkan tekanan tersebur.

• Kebiasaan Mengejan ketika Buang Air Besar

• Dalam Keadaan Hamil

• Kebiasaan Jongkok/Duduk Terlalu lama

• Mengalami Sembelit Atau Diare

• Obesitas

• Kurang Makanan yang berserat seperti sayur dan buah buahan. 

Ada beberapa hal yang harus kita fahami ketika terkena ambeien, Karena ketika ambeien ini tidak segera diobati atau dibiarkan begitu saja. Maka akan menimbulkan penyakit yang lebih parah.

Salah satunya yaitu penyakit AMBEIEN PROLAPS. Posisi ambeien ini sudah keluar melewati liang anus. Benjolan yang keluar tersebut bisa kita masukkan lagi ke dalam dengan cara didorong menggunakan tangan. Ambeien ini menimbulkan nyeri yang lebih terasa ketika duduk dan BAB.

Selain itu kita bisa terkena AMBEIEN TROMBOSIS. Ambeien ini terjadi ketika terbentuk gumpalan darah yang berkumpul di sekitar benjolan wasir. Kondisi inilah yang menjadikan ambeien semakin parah.

Yang mengerikan lagi, Benjolan ambeien ini berwarna ungu kebiruan dan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Rasa nyeri yang luar biasa hebatnya. 

Nah oleh karena itu penting bagi kita untuk segera mengambil tindakan ketika mengalami ambeien. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari ambeien.

Memakan Makanan yang Kaya akan Serat

Makanan yang kaya akan serat membantu kita dalam mengeluarkan fese dan membantu kita mngobati sembelit.

Hindari menahan BAB dan Hindari mengejan terlalu kuat

Salah satu penyebab terjadinya ambeien adalah kebiasaan kita menahan BAB dan mengejan terlalu kuat. Karena hal itu dapat menimbulkan Pembengkakan pembuluh vena disekitar anus. 

Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama ternyata juga berbahaya, Karna ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya ambeien

Memperbanyak minum air putih

Salah satu cara agar terhindar dari ambeien adalah memperbanyak air putih agar pencernaan dalam tubuh berjalan lancar . 

Menjaga kebersihan anus

Menjaga kebersihan anus merupakan salah satu cara kita agar terhindar dari penyakit ambeien. Bersihkan kulit disekitar anus menggunakan handuk dan air hangat. Hindari membersihkan anus dengan menggunakan sabun karena sabun merupakan campuran zat kimia.

Olahraga yang teratur

Olahraga yang teratur merupakan cara kita menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya menurunkan berat badan namun dengan berolahraga yang teratur kita dapat terhindar dari sembelit, olahraga secara teratur juga membantu kita dalam mengontrol tekanan darah.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita terhindar dari penyakit ambeien, namun apabila sudah terkena ambeien ada beberapa cara untuk mengobatinya. Berikut beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengobati ambeien.

Melakukan operasi pengangkatan wasir

Yaitu dengan cara memotong jaringan atau benjolan yang berlebih yang menyebabkan terjadinya pendarahan pada anus

Menyuntikkan obat pengecil wasir

Prosedur ini menggunakan bahan kimia yang disuntikkan kedalam jaringan wasir, untuk membuat jaringan tersebut mengecil

Cara Koagulasi

Sama halnya dengan operasi pengangkatan wasir namun prosedur ini menggunakan laser untuk mengangkat jaringan wasir tersebut.

Berbagai prosedur yang sudah disebutkan diatas biasanya dilakukan ketika ambeien sudah mencapai tingkat lanjut/parah. Oleh karena itu diperlukan penanganan khusus untuk mengobati penyakit ini.

Apabila anda merasa ada benjolan di sekitar anus dan anda merasakan sakit, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi anda terkena ambeien sehingga dokter bisa mendiagnosa sudah separah apa ambeien anda dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengobtai ambeien.


Posting Komentar untuk "Hati Hati Ini Gejala Ambeien dan Cara Mengobati Ambeien"