Macam-Macam Perawatan Fraktur (Patah Tulang) - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Perawatan Fraktur (Patah Tulang)

macam perawatan fraktur patah tulang sehat mah harus

Sehatmahharus - Anda mungkin telah berusaha melakukan yang terbaik untuk mencegah fraktur akibat osteoporosis. Atau anda bahkan tidak pernah mengetahui bahwa anda berada dalam resiko fraktur akibat osteoporosis. Bagaimanapun, fraktur dapat sembuh, dan anda dapat bekerjasama dengan dokter untuk menghindarinya agar tidak pernah terjadi lagi.
Fraktur tulang belakang, pinggul, atau pergelangan tangan merupakan tipe fraktur yang paling umum terjadi pada penderita fraktur.

Fragility Fractures

Terjatuh dan benturan yang tidak akan melukai seseorang dengan tulang yang sehat dapat membahayakan bagi penderita osteoporosis. Dokter menyebut cedera ini sebagai fragility fractures.

Beberapa tipe fraktur dapat sembuh dengan sendirinya, tergantung pada tulang apa yang mengalami fraktur dan seberapa parah fraktur yang terjadi.

Jika anda membutuhkan perawatan lebih lanjut, dokter akan merujuk anda kepada spesialis seperti :

• Dokter orthopedi, yang dapat membantu mengganti atau memperbaiki tulang yang patah
• Fisiatris (dokter spesialis rehabilitasi medis), yang mengobati masalah saraf, otot, dan tulang yang mempengaruhi pergerakan anda.
• Fisioterapis, yang menunjukkan latihan, serta cara lain untuk pemulihan dan melanjutkan aktifitas rutin anda.

Fraktur dapat sangat menyakitkan untuk beberapa waktu, terutama jika anda mengalami patah tulang pinggul atau fraktur kompresi tulang belakang. Anda mungkin membutuhkan obat-obatan untuk meredakan rasa nyeri. Minta dokter untuk meninjau semua obat-obatan yang anda konsumsi, bahkan walaupun jika anda tidak membutuhkan obat-obatan yang diresepkan atau jika anda ingin mengkonsumsi obat-obatan herbal. Dengan cara ini dokter dapat mengecek kemungkinan efek samping, seperti pusing yang dapat menempatkan anda dalam resiko terjatuh.

Penyembuhan tulang belakang

Pada beberapa kasus, anda hanya akan membutuhkan istirahat, obat pereda nyeri, latihan, dan mungkin brace atau perawatan untuk kejang otot selama masa penyembuhan. Brace menjaga tulang belakang anda tetap stabil selama masa penyembuhan.

Jika rasa nyeri yang anda rasakan berat dan menetap, dokter mungkin akan melihat kemungkinan untuk dilakukannya :

Vertebroplasty
Dokter menyuntikkan semen tulang ke dalam tulang belakang untuk menjaganya tetap stabil. Ini dapat meredakan nyeri, dan juga dapat membantu mencegah fraktur dan melengkungnya tulang belakang lebih lanjut.

Kyphoplasty
Dokter menyisipkan balon ke dalam tulang belakang yang mengalami fraktur. Ini membantu mengembalikan ketinggian dan bentuk tulang belakang. Ketika diangkat, balon ini meninggalkan rongga kecil yang kemudian diisi dengan semen tulang.

Jika dokter merekomendasikan prosedur-prosedur tersebut di atas, bicarakan mengenai resiko, manfaat, dan masa pemulihannya.

Perawatan tulang pinggul

Pengobatan fraktur tulang pinggul tergantung pada bagian pinggul mana yang mengalami fraktur, seberapa parah fraktur yang terjadi, dan kesehatan anda secara umum. Pilihan perawatannya mungkin meliputi :

• Operasi perbaikan dengan skrup, paku, atau plat
• Penggantian sebagian atau seluruh pinggul
• Latihan untuk membantu anda bergerak dengan lebih baik dan membangun kekuatan

Perawatan pergelangan tangan

Perawatan terbaik tergantung pada lokasi tulang yang mengalami fraktur. Dengan perlindungan yang tepat, beberapa fraktur mungkin sembuh dengan sendirinya. Kemudian anda mungkin hanya memerlukan :

• Cast atau splint (gips, bidai)
• Latihan tangan, pergelangan tangan, lengan bawah, siku, atau pundak

Ketika anda membutuhkan operasi, dokter mungkin akan menanamkan plat, skrup, kawat, pin, atau external fixator. Perangkat ini menjaga tulang agar tetap pada tempatnya selama masa penyembuhan. Jika tulang patah menjadi lebih dari 2 bagian, penggunaan bone graft dapat menstimulasi penyembuhan tulang yang lebih cepat.

Pencegahan patah tulang

Ketika anda menderita osteoporosis, berusaha untuk mencegah fraktur lainnya merupakan bagian penting dari rencana perawatan. Perawatan ini juga meliputi diet sehat, suplemen (kalsium dan vitamin D), latihan fisik, dan obat-obatan untuk menguatkan tulang.

Pastikan untuk berdiskusi dengan dokter bagaimana obat-obatan yang akan anda konsumsi akan bereaksi dengan obat-obatan yang selama ini anda konsumsi, kapan saat untuk mengkonsumsi obat-obatan untuk tulang, dan kemungkinan efek samping. Juga bicarakan dengan dokter mengenai :

• Konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D. Para ahli merekomendasikan 400 – 800 IU vitamin D dan 1.000 mg kalsium setiap hari bagi orang dewasa yang berusia di bawah 50 tahun, sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun harus mendapatkan 800 – 1.000 IU vitamin D dan 1.200 mg kalsium setiap hari.
• Membatasi konsumsi soda, alkohol, kafein, dan tembakau
• Eating a balanced, healthy diet
• Weight-bearing exercises seperti berjalan kaki, menari, atau bermain tenis
• Latihan kekuatan seperti berlatih dengan hand weights atau elastic bands
• Mengubah cara anda melakukan aktifitas tertentu
• Latihan keseimbangan untuk membantu mencegah anda terjatuh


Posting Komentar untuk "Macam-Macam Perawatan Fraktur (Patah Tulang)"