Warna Air Seni atau Urine Bisa Untuk Memeriksa Kondisi Kesehatan - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna Air Seni atau Urine Bisa Untuk Memeriksa Kondisi Kesehatan

warna air seni atau urine bisa untuk memeriksa kondisi kesehatan sehat mah harus

Sehatmahharus - Air seni atau Urine merupakan hasil penyaringan darah oleh ginjal yang dikeluarkan tubuh lewat saluran kemih, yaitu salah satu bagian yang berasal dari sistem kerja urinaria. urine dikeluarkan untuk membuang residu-residu negatif dari metabolisme, misalnya urea dan racun yang berasal dari dalam tubuh.
Tapi tahukah kamu jika warna urine dapat untuk memeriksa kondisi tubuh kita, warna urine yang normal berkisar berasal dari kuning pucat sampai kuning tua.
Warna itu dihasilkan berasal dari pigmen yang disebut urochrome dan seberapa encer atau pekatnya urine.

Diambil dari Mayo Clinic: Pigmen dan senyawa lain di dalam makanan dan obat-obatan eksklusif mampu mengubah warna urine seseorang.
Bibit, beri dan tipe kacang eksklusif adalah makanan yang paling banyak kemungkinan merubah warna urine dan tak terhitung obat bebas dan obat resep menambahkan warna urine berubah secara signifikan, layaknya merah, kuning atau biru kehijauan.

Warna urine yang tidak seperti biasa dapat menjadi tanda penyakit.
Misalnya, urine berwarna merah tua sampai cokelat merupakan karakteristik khas porfiria, kelainan langka yang diturunkan berasal dari sel darah merah.
Berikut ini klasiļ¬kasi terkait dari setiap warna urine dan maknanya bagi keadaan kesehatan kamu, seperti yang dilansir dari Berita kesehatan:

Warna urine jernih

Urine dengan warna yang jernih menandakan bahwa kamu minum air lebih banyak dari jumlah air yang direkomendasikan setiap hari.
Walaupun terhidrasi adalah hal yang baik, tapi minum terlampau banyak air sanggup merampas elektrolit didalam tubuh Kamu.

Warna urine yang terkadang terlihat jernih bukanlah alasan untuk panik, tapi urine yang selalu jernih mampu menandakan bahwa kamu wajib mengurangi jumlah air yang kamu minum setiap hari.
Warna urine yang jernih pun juga sanggup menandakan gangguan hati, seperti sirosis dan virus hepatitis. Kalau kamu tidak mengkonsumsi banyak air tapi kamu memiliki warna urine yang jernih, maka disarankan kamu menemui dokter.

Warna urine kekuningan sampai kuning gelap

Warna urine yang Khas seperti spektrum kuning muda ke warna kuning yang lebih gelap, itu berarti pigmen urokrom yang secara alami yang ada didalam urine Kamu menjadi lebih encer pas kamu minum air.
Urokrom diproduksi oleh tubuh kamu yang memecah hemoglobin, protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah kamu. Di dalam kebanyakan kondisi, warna urine kamu akan tergantung terhadap seberapa encer pigmen ini. 

Mempunyai vitamin B yang berlebih di dalam darah Kamu juga bisa mengakibatkan urine tampak berwana kuning neon.

Warna urine merah muda sampai warna merah

urine kemungkinan terlihat merah muda sampai merah jikalau Kamu makan buah-buahan dengan pigmen merah muda atau magenta alami, layaknya bibit, bluberis atau kacang-kacangan. Sementara urine yang berwarna merah muda sampai merah kemungkinan itu berasal dari sesuatu yang kamu makan baru-baru ini atau terkadang penyebab lain.

Lebih dari satu kasus kesehatan yang mampu memicu darah muncul di dalam urine kamu, gejala yang dikenal sebagai hematuria yang termasuk pembesaran prostat, batu ginjal, tumor di kandung kemih dan ginjal. Konsultasi lah dengan dokter kalau kamu merasa khawatir dengan darah yang ada didalam urine kamu.

Warna urine jingga atau oranye

Jika urine kamu berwarna jingga atau oranye, mungkin kondisi tersebut adalah gejala kehilangan cairan tubuh.
Jika kamu mempunyai urine yang berwarna oranye dan tinja berwarna terang, mungkin empedu bisa saja masuk ke darah kamu sebab persoalan ini menyangkut saluran empedu atau hati.
Penyakit kuning terhadap orang dewasa juga sanggup memicu urine juga berwarna oranye.

Warna urine biru atau hijau

Urine berwarna biru atau hijau dapat disebabkan oleh pewarna makanan.
Ini juga bisa menjadi hasil dari pewarna yang digunakan di dalam tes medis yang dilakukan terhadap ginjal atau kandung kemih kamu.

Infeksi bakteri juga bisa membawa dampak warna urine kamu berubah menjadi warna biru, hijau, atau bahkan nila keunguan.
Secara umum, urine biru itu bisa saja besar berkaitan dengan sesuatu yang ada didalam menu diet kamu.

Warna urine coklat tua

dalam kebanyakan kasus, urine yang berwarna coklat tua menyatakan bahwa kamu sedang kehilangan cairan tubuh.
Urine berwarna coklat tua juga sanggup menjadi efek samping yang berasal dari obat-obatan khusus, seperti metronidazol (Flagyl) dan klorokuin (Aralen).

Banyak makan lidah buaya atau tipe kacang tertentu juga sanggup membawa dampak urine berwarna coklat tua.

Sebuah kondisi yang disebut porfiria bisa membuat penumpukan bahan kimia alami didalam darah kamu dan membuat urine berwarna coklat.

Urine berwarna coklat tua juga sanggup menjadi indikator penyakit hati karena dapat disebabkan oleh empedu yang masuk ke urine kamu.

Warna urine keruh

Warna urine yang keruh mampu jadi tanda adanya infeksi saluran kemih. Ini juga sanggup jadi gejala sebagian penyakit kronis dan gejala ginjal.
Di dalam lebih dari satu masalah, urine keruh adalah tanda lain yang berasal dari kehilangan cairan tubuh.
Urine keruh dan berbusa atau gelembung disebut pneumaturia.
Ini dapat jadi gejala kondisi kesehatan yang serius, seperti penyakit crohn atau divertikulitis.

Posting Komentar untuk "Warna Air Seni atau Urine Bisa Untuk Memeriksa Kondisi Kesehatan"