11 Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mental - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mental

11 cara mudah untuk menjaga kesehatan mental sehat mah harus

Sehatmahharus - Kesehatan mental atau mental health adalah di mana sifat individu yang tidak mengalami gangguan mental atau mental illness. Mental di sini bisa di artikan kejiwaan yang ada pada rohani dan sifat seseorang, Jadi bisa diartikan kesehatan mental bisa mengacu keadaan rohani dan sifat manusia dalam situasi netral, tenang dan juga bisa melakukan aktifitas sosial secara normal dengan baik.

Daftar Isi

Pentingnya menjaga kesehatan mental

Seseorang yang menjaga kesehatan mental setiap hari akan mampu mengendalikan pikiran positif, mengendalikan emosi dan bisa dengan baik bersosialisasi sesama manusia. Jadi setiap individu harus selalu menjaga kesehatan mental agar bisa menjalankan aktivitas setiap hari dengan normal baik waktu sedang sendiri, bersama keluarga, dan beraktivitas di dalam ruang lingkup masyarakat atau bersosialisasi.

Cara mudah menjaga kesehatan mental setiap hari

Ada begitu banyak cara untuk menjaga kesehatan mental kita bahkan kita bisa lakukan setiap hari tanpa hambatan, karena menjaga kesehatan mental tanpa kita sadari sudah jadi kebiasaan setiap hari kita pada saat beraktivitas di dalam ruangan atau di luar ruangan, hanya saja setiap individu berbeda-beda menjalani nya walaupun tujuan nya sama menjaga kesehatan mental setiap hari.

Di artikel ini Sehatmahharus akan memberikan tips menjaga kesehatan mental yang tepat dan tidak akan membebani keseharian anda dalam keluarga atau bermasyarakat.

1. Selalu berfikir positif

Menjaga kesehatan mental yang pertama dan yang paling awal pada saat anda baru bangun tidur sampai anda tertidur lagi adalah selalu berfikir positif. Anda bisa melakukan nya dengan berbicara pada diri sendiri tentang hal-hal yang positif seperti hari ini akan indah, atau semangat menjalani hari ini, dan juga anda bisa melakukan dengan cara anda sendiri asalkan itu adalah perkataan yang positif dan membangun kesehatan mental anda.

2. Jalin hubungan baik

Menjalin hubungan baik dengan keluarga dan bermasyarakat pun sangat perlu dilakukan, agar keseharian anda berjalan dengan baik dan kondisi mental anda terjaga tanpa hambatan.

3. Catat setiap hal-hal yang baik

Mencatat setiap hal yang baik pun juga bisa membuat jiwa kita senang, bahagia, dan tanpa anda sadari itu juga termasuk dalam menjaga kesehatan mental anda.

4. Biasakan berolahraga

Kebiasaan berolahraga itu tidak hanya mempengaruhi tubuh kita, tapi juga bisa membuat jiwa kita sehat dan pikiran kita akan menjadi fresh. Tidak perlu berolahraga yang berat-berat jika hanya untuk menjaga kesehatan mental saja, cukup seperti push-up, sit-up, lari di pagi hari, atau hanya perenggangan otot saja itu juga sudah cukup, yang terpenting kebiasaan berolahraga ini tidak menjadi hambatan di keseharian Anda.

5. Harus selalu fokus

Biasakan lah selalu fokus pada apa yang sedang anda lakukan, entah itu sedang bekerja atau sedang melakukan apapun. Biasakan lah selalu fokus pada satu hal dalam suatu waktu.

6. Membantu seseorang

Membantu seseorang atau membantu orang lain pun bisa menjaga kesehatan mental kita. Banyak arti kata dari membantu, saat memberikan sumbangan pada yang membutuhkan atau hanya sekedar membantu teman yang sedang membutuhkan. Yang terpenting membantu orang lain tidak memaksakan kehendak anda atau seikhlasnya anda saja.

7. Terbuka atau curhat ke orang lain jika ada masalah

Curhat ke orang lain atau teman yang anda percaya jika terjadi masalah merupakan hal yang baik dan membantu menjaga kesehatan mental kita, walaupun seorang yang anda ceritakan tentang masalah anda tidak bisa membantu anda tapi setidak nya beban di pikiran anda bisa tersampaikan. karena jika kita memendam masalah sendiri itu akan menjadikan beban di pikiran kita dan itu bisa mengganggu kejiwaan kita.

8. Makan-makanan enak dan bergizi

Makan-makanan enak pun itu juga bisa membuat jiwa kita bahagia dan positif. tapi harus di ingat untuk mempertimbangkan gizi dan komposisi dari makanan yang anda makan, agar tidak membuat masalah baru di kesehatan anda.

9. Istirahat yang cukup

Apapun kesibukan anda jangan lupakan beristirahat, jika waktunya istirahat cobalah manfaatkan istirahat tersebut dengan cukup, dan jika anda benar-benar sibuk sampai tidak ada waktu untuk istirahat usahakan lah sejenak untuk menenangkan pikiran anda sebentar.

10. Tidur tepat waktu

Jangan biasakan begadang, usahakanlah tidur tepat waktu. Menurut anjuran kesehatan tidur manusia itu kurang lebih selama 8 jam, jadi usahakan waktu tidur itu di pergunakan benar-benar untuk tidur agar kesehatan mental selalu terjaga.

11. Minum vitamin atau obat-obatan herbal

Khusus nya di masa pandemi ini minum vitamin atau obat herbal sangat di butuhkan untuk menunjang kebugaran dan meningkatkan imunitas anda dari berbagai macam virus tidak hanya virus corona saja.

Demikian lah artikel cara menjaga mental yang di anjurkan, tidak perlu dilakukan semua nya jika itu mengganggu keseharian anda, yang terpenting adalah kesehatan mental anda terjaga, dan membuat sehat secara rohani dan sifat anda. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "11 Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mental"