Cara Mengatasi Keracunan Makanan Dengan Cara Simpel - Sehat Mah Harus
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Keracunan Makanan Dengan Cara Simpel

cara mengatasi keracunan makanan dengan cara simpel sehat mah harus

Sehatmahharus - Sebagian besar keracunan makanan disebabkan akibat kurang higienis, cara masak, dan penyimpangan yang menyebabkan berkembangnya bakteri dan virus. Yang paling sering adalah makanan laut, produk susu, telur dan unggas yang tak matang. Gejala keracunan makanan termasuk mual, muntah, diare, dan kram perut, dan kadang kala demam, sakit kepala, dan pening.

Nah, cara berikut ini akan membantu Anda mengobati keracunan makanan ringan di rumah, dan semoga dengan cara ini keadaan Anda akan segera membaik, biasanya mengatasi keracunan makanan membutuhkan waktu satu atau dua hari.

Cara Mengatasi Keracunan Makanan dengan Cara Simpel

• Perbanyaklah istirahat dan buat diri Anda nyaman sebisa mungkin.

• Minum air sekurangnya 8 gelas sehari, hirup sedikit agar tidak muntah. Jika perlu, komsumsi larutan rehidrasi oral ( oralit dsb ).

• Segera setelah Anda bisa makan, makan makanan lembut seperti nasi, pasta lembek atau kentang tumbuk. Kembali ke pola makan biasa setelah makan ini tanpa masalah. Anda sebaiknya menghindari teh, kopi, produk susu, alkohol, dan makanan berlemak atau pedas hingga beberapa hari setelah diarenya berhenti.

• Berhati-hati dengan kebersihan untuk menghindari penularan. Cuci tangan setelah ke toilet, dan gunakan handuk sendiri. Jangan membuat makanan untuk orang lain, atau menggunakan bersama sendok, garpu, gelas, piring. Jauhi dari mereka yang rentan infeksi seperti anak kecil, manula, dan wanita hamil.

• Konsumsi obat diare jika ingin menghentikannya dengan cepat.

Cara Pencegahan Agar Tidak Keracunan Makanan

Menjaga makanan agar tetap higienis, merupakan langkah-langkah pencegahan yang baik untuk menghindari keracunan makanan, ikuti langkah berikut ini untuk mencegah kuman penyakit berkembang.

• Sebelum memasak, cuci tangan dengan air hangat dan sabun, dan keringkan dengan handuk bersih.

• Pisahkan makanan mentah dan yang langsung dimakan. Bekukan daging di lemari pendingin bagian dasar hingga tidak menetes.

• Gunakan alas potong berbeda bagi daging mentah, dan sayur. Bersihkan alasnya setelah digunakan.

• Masak makanan hingga matang, khususnya daging, ikan, atau telur.

• Saat memanaskan kembali makanan, yakinkan bahwa sangat panas. Jangan panaskan makanan lebih dari satu kali.

Demikianlah beberapa Cara Mengatasi Keracunan Makanan Dengan Cara Simpel yang dapat dilakukan dirumah, dan jika gejala terus berlanjut dan semakin memburuk, atau tak kunjung membaik dalam 24 hingga 48 jam terakhir, sebaiknya segera hubungi dokter Anda. Agar dapat di tangani dengan secara medis.

Terimakasih ayo kita terus sehat bersama Sehat Mah Harus.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Keracunan Makanan Dengan Cara Simpel"